PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survey PTS di Kota Surakarta)

FITRI , RIDHIA (2006) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK DAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survey PTS di Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV&V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia, 2) untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kode Ikatan Akuntan Indonesia, 3) untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi di PTS wilayah Surakarta dan sedang atau pernah mengambil mata kuliah auditing, dan untuk mengetahui persepsi akuntan pendidik yang berprofesi sebagai staf pengajar tetap pada perguruan tinggi di kota Surakarta terhadap kode etik akuntan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di PTS kota Surakarta meliputi UNISRI, UNSA, UNIBA, UTP, dan AUB. Penelitian ini menggunakan desain survey dimana data pokok dari sampel suatu populasi dikumpulkan dengan menggunakan suatu instrumen kuesioner di lingkungan penelitian yang sebenarnya (lapangan). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent samples test yang dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan persepsi akuntan pendidik dengan mahasiswa terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia. Pengujian independent samples test menggunakan program komputer SPSS v. 13. Berdasarkan analisis tentang persepsi mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi dengan persepsi akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan Akuntan Indonesia diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Persepsi mahasiswa terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan bahwa mahasiswa lebih cenderung memberikan pernyataan setuju (S) terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 55,38%. 2) Persepsi akuntan pendidik terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia menunjukkan lebih cenderung memberikan pernyataan sangat setuju (SS) terhadap kode etik Ikatan Akuntan Indonesia dengan prosentase sebesar 43,27%. 3) Terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa dengan akuntan pendidik tentang kode etik Ikatan Akuntan Indonesia berbeda secara signifikan. Hal ini didukung dengan nilai probabilitas signifikansi 0,002 (two tail) lebih kecil 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, persepsi akuntan pendidik kode etik Ikatan Akuntan Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 05:27
Last Modified: 08 Apr 2011 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item