ANALISIS PERBEDAAN TRADING FREQUENCY ANTARA PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN PORTOFOLIO TIDAK OPTIMAL DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Model Indeks Tunggal Pada Perusahaan Manufaktur)

SUMARWAN , SUMARWAN (2006) ANALISIS PERBEDAAN TRADING FREQUENCY ANTARA PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN PORTOFOLIO TIDAK OPTIMAL DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Model Indeks Tunggal Pada Perusahaan Manufaktur). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hslsmsn Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_marwan.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_marwan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_marwan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_marwan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_marwan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_marwan.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Seorang investor dalam melakukan investasi di pasar modal memerlukan pengetahuan yang cukup, pengalaman, serta naluri bisnis untuk menganalisa efek- efek mana yang akan dibeli, mana yang akan dijual dan mana yang akan tetap dimiliki. Salah satu strategi investor untuk meminimalkan resiko investasi pada saham adalah dengan melakukan diversifikasi saham dalam suatu portofolio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan trading frequency yang signifikan antara portofolio optimal dengan portofolio tidak optimal di Bursa Efek Jakarta. Dalam melakukan analisis tersebut menggunakan Model Indeks Tunggal. Penelitian ini menggunakan data harga saham penutupan (closing price) bulanan, saham-saham perusahaan manufaktur dari bulan Januari 2002 sampai dengan bulan Juni 2004 sebagai populasi, dan metode pengambilan sampel dengan purposive sampling, yaitu dengan hanya memilih saham-saham perusahaan yang mempunyai rata-rata return saham positif, dari hasil perhitungan tersebut terdapat 55 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari trading frequency antara portofolio optimal dengan portofolio tidak optimal di BEJ yang tercermin dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Mann- Whitney menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,049 atau probabilitas < 0,05 (0,049 < 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Return, Risk Free Return, Portofolio, Cut off Rate, Excess Return to Beta, Variance Portofolio, Trading Frequency.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 05:01
Last Modified: 08 Apr 2011 11:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item