PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta)

NUGROHO , AZIS (2006) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Cover.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

Rasio keuangan merupakan media informasi untuk membantu kepada investor, kreditor dan pemakai lainnya baik yang sekarang maupun yang potensial dalam menilai waktu, ketidakpastian penerimaan dari deviden dan bunga dimasa yang akan datang. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah memberikan temuan empiris tentang pengaruh rasio keuangan terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan agar bagi pelaku pasar seperti investor dan pemakai lainnya memperoleh informasi sebagai bahan pertimbangan dalam pembuatan keputusan investasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini yang menjadi populasi adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang go publik dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Sedangkan sampelnya adalah 32 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel penelitian yaitu perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan pada tahun 2000, 2001, 2002, 2003, dan 2004, diterbitkan per 31 Desember, laba sebelum pajak tidak pernah mengalami loss dan listing sebelum tahun 2000 dan masih berlaku. Untuk menguji pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap perubahan laba dengan data runtut waktu (time series data) dalam penelitian ini digunakan model regresi berganda (multivariate regression model). Adapun hasil dari penelitian adalah nilai Fhitung 2,469 lebih besar jika dibandingkan dengan Ftabel 1,88 maka Ho ditolak, artinya variabel independen secara serentak berpengaruh terhadap variabel dependen atau secara bersama-sama rasio keuangan berpegaruh secara signifikan terhadap perubahan laba pada perusahaan manufaktur. Sedangkan dari pengujian koefisien regresi secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa dari 10 variabel dari rasio keuangan yang berpengaruh terhadap perubahan laba adalah Total Debt to Equity, Return on Investment dan Return on Equity karena hasil perhitungan nilai thitung lebih besar dari ttabel. Sedangkan dengan thitung yang lebih kecil dari ttabel maka Current Ratio, Time Interest Earned Ratio, Inventory Turnover, Total Assets Turnover, Gross Profit Margin, Operating Profit Margin, dan Net Profit Margin tidak berpengaruh secara individu terhadap perubahan laba. Nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,174 berarti bahwa variabel independen dapat menjeskan mengenai variabel dependen sebesar 17,4%. Sedangkan sisanya sebesar 82,6% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Total Debt to Equity, Time Interest Earned Ratio, Inventory Turnover, Total Assets Turnover, Gross Profit Margin, Operation Profit Margin, Net Profit Margin, Return on Investment, Return on Equity, perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 04:55
Last Modified: 08 Apr 2011 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11324

Actions (login required)

View Item View Item