PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL (Survey Pada Rumah Sakit Di Wilayah Surakarta)

FITRIANTO, FAJAR (2007) PENGARUH PARTISIPASI PEMAKAI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER DENGAN KOMPLEKSITAS TUGAS SEBAGAI MODERATING VARIABEL (Survey Pada Rumah Sakit Di Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai, dengan kompleksitas tugas sebagai variabel moderating (Survey Pada Rumah Sakit Di Wilayah Surakarta). Responden pada penelitian ini adalah kepala bagian yang berkerja di rumah sakit di wilayah Surakarta yang menerapkan sistem infomasi berbasis komputer. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Kuesioner yang diberikan kepada responden kepala bagian yang berkerja di rumah sakit di wilayah Surakarta sebanyak 70 kuesioner. Kuesioner yang memenuhi syarat untuk dilakukan pengujian adalah 60 kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Modereted Regression Analysis (MRA). Namun sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis berupa uji asumsi klasik yaitu: uji normalitas, uji autokorealasi, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Hasil dari analisis data menggunakan Modereted Regression Analysis (MRA). dengan tingkat p = 0,05. menunjukkan partisipasi pemakai berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi berbasis komputer. Hasil analisis data yang ada juga menunjukkan kompleksitas tugas merupakan quasi moderator, dengan koefisien interaksi sebesar 0,248 pada taraf signifikansi p = 0,05. Koefisien determinasi persamaan ketiga juga meningkat menjadi 0,982. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kompleksitas tugas merupakan quasi moderator yang mempengaruhi hubungan antara partisipasi dengan kepuasan pemakai sistem informasi berbasis komputer. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang partisipasi pemakai, kepuasan pemakai, dan kompleksitas tugas sebagai variabel moderating dalam penerapan sistem informasi berbasis komputer.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Pemakai, Kepuasan Pemakai dan Kompleksitas Tugas.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 04:39
Last Modified: 08 Apr 2011 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item