PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO LAVERAGE, DAN RASIO PENILAIAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ

MAHMUD, AMIR (2007) PENGARUH RASIO AKTIVITAS, RASIO PROFITABILITAS, RASIO LAVERAGE, DAN RASIO PENILAIAN TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._Bab_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
2._Bab_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (bab IV dan V)
2._Bab_IV_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
3._Daftar_Pustaka.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)

Abstract

Permasalahan-permasalahan dalam aktivitas, profitabilitas, laverage, dan rasio penilaian terhadap perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang. Sehingga hal ini pula sangat berpengaruh terhadap kebijakan para investor terhadap perusahaan yang akan dan telah diberi investasi oleh para investor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ketujuh hal tersebut diatas berpengaruh terhadap return saham. Jumlah sampel yang digunakan adalah 35 perusahaan manufaktur dengan metode purpose sampling yang sahamnya aktif diperdagangkan di BEJ antara tahun 2001 sampai dengan 2004. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, namun sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, dan autokorelasi. Permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah rasio aktivitas, rasio laverage, rasio profitabilitas, dan rasio penilaian berpengaruh terhadap return saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ketujuh hal tersebut diatas bersama-sama berpengaruh terhadap return saham. Hasil dari uji F yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 2,695 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil dari analisis data yang menggunakan uji t dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa diantara ketujuh variabel tersebut yaitu aktivitas, laverage, profitabilitas, dan penilaian ada yang berpengaruh terhadap return saham. Hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan uji t menunjukan variabel PP, PTA, ROA, DER, DTA, PER dan PBV berpengaruh terhadap Return Saham secara statistik signifikan. Hasil uji Fhitung sebesar 25.354, sementara F tabel Fα = 5% ; n-k–1; k-1 (32-8-1) ; (8-1) = 2.44. atau 25.354 > 2.44 berarti Ho ditolak, maka variabel Perputaran Persediaan (PP), Perputaran Total Aktiva (PTA), Return On Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Total Assets (DTA), Price to Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV) berpengaruh terhadap Return Saham secara signifikan. Besarnya koefisien determinasi (R²) sebesar 0,78 menunjukan bahwa 78% variasi perubahan variabel return saham dapat dijelaskan oleh variabel PP, PTA, ROA, DER, DTA, PER dan PBV. Sedangkan 22% lainnya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Persediaan (PP), Perputaran Total Aktiva (PTA), Return On Asset (ROA), Debt to Equity ratio (DER), Debt to Total Assets (DTA), Price to Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), dan Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 04:35
Last Modified: 08 Apr 2011 11:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11320

Actions (login required)

View Item View Item