PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN KREATIVITAS SISWA (PTK Kelas V SD Negeri II Mulyoharjo Jepara)

Herlina, Ris Wiwin (2008) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN KREATIVITAS SISWA (PTK Kelas V SD Negeri II Mulyoharjo Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040084.pdf

Download (138kB)
[img] PDF
A410040084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan Volume dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan penalaran dan kreativitas siswa. Subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas V dan subyek yang membantu pelaksana tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Sedangkan siswa kelas V SD Negeri II Mulyoharjo Jepara tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 35 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) ada peningkatan penalaran dalam pembelajaran matematika berbasis masalah yang meliputi (a) kemampuan mengajukan dugaan meningkat yaitu dari sebelum adanya tindakan sebesar 20% dan diakhir tindakan menjadi 64,28%; (b) kemampuan memanipulasi matematika meningkat yaitu dari sebelum adanya tinadakan sebesar 22,85% dan diakhir tindakan menjadi 69,23%; (c) kemampuan menarik kesimpulan meningkat yaitu dari sebelum adanya tindakan sebesar 22,85% dan diakhir tindakan menjadi 61,53%. 2) ada peningkatan kreativitas dalam pembelajaran matematika berbasis masalah yang meliputi (a) memahami materi meningkat yaitu dari sebelum adanya tindakan sebesar 25,71% dan diakhir tindakan menjadi 58,82%; (b) menyelesaikan soal – soal latihan meningkat yaitu dari sebelum adanya tindakan sebesar 22,85% dan diakhir tindakan menjadi 56,35%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika Berbasis Masalah, Penalaran, Kreativitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 03:39
Last Modified: 31 Jan 2011 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item