PENGARUH KESADARAN ETIS DAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan DIY)

ISMALIA, MILA (2006) PENGARUH KESADARAN ETIS DAN PROFESIONALISME AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA (Survei pada Kantor Akuntan Publik di Surakarta dan DIY). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV_n_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)

Abstract

Kesadaran etis yang merupakan dimensi psikologis dan sikap profesional yang merupakan dimensi personalitas memegang peranan penting bagi seorang akuntan. Nilai seorang akuntan tercemin dari keputusan etika yang dibuatnya, sedangkan komitmen pada profesi yang merupakan aspek profesionalisme tercermin dari pengembangan nilai-nilai profesional pada setiap keputusan yang dibuatnya. Keberadaan Ikatan Akuntan Indonesia yang mewadahi profesi akuntan di Indonesia berwenang dalam merumuskan kode etik sebagai suatu prinsip moral dalam pelaksanakan aturan yang memberi pedoman bagaimana berhubungan dengan klien, masyarakat, sesama rekan akuntan dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yang pertama adalah apakah terdapat pengaruh kesadaran etis akuntan terhadap penerapan kode etik IAI, yang kedua apakah terdapat pengaruh profesionalisme akuntan terhadap penerapan kode etik IAI, dan yang ketiga apakah terdapat pengaruh kesadaran etis dan profesionalisme akuntan terhadap penerapan kode etik IAI. Penelitian ini mengambil sampel akuntan yang bekerja pada kantor akuntan publik di Surakarta dan DI. Yogyakarta. Kuesioner diberikan secara langsung dan diperoleh 64 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Berdasarkan hasil uji validitas dengan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s alpha diketahui bahwa semua item pertanyaan pada setiap variabel dalam instrumen yang digunakan adalah valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa data yang diperoleh mempunyai sebaran yang normal, tidak terdapat heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinearitas, dan tidak ada autokorelasi. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis regresi menunjukan adanya pengaruh kesadaran etis dan profesionalisme akuntan secara signifikan baik secara serempak maupun parsial terhadap kode etik IAI. Selain itu, dari hasil analisis regresi juga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kesadaran etis dan profesionalisme seorang akuntan publik, semakin baik pula sikap taat aturan yang ditunjukkan, sehingga kode etik IAI dilaksanakan semakin baik. Berdasarkan analisis regresi parsial juga menunjukan bahwa profesionalisme mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap kode etik IAI dibandingkan kesadaran etis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Etis, Profesionalisme, Kode Etik IAI
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2011 03:05
Last Modified: 08 Apr 2011 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11315

Actions (login required)

View Item View Item