PERSEPSI AKUNTAN, MAHASISWA AKUNTANSI DAN KARYAWAN BAGIAN AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN ( SURVEI DI SURAKARTA )

INDRIYANI , DEWI (2006) PERSEPSI AKUNTAN, MAHASISWA AKUNTANSI DAN KARYAWAN BAGIAN AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PROFESI AKUNTAN ( SURVEI DI SURAKARTA ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
babIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_IV&V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Profesi Akuntan di Indonesia pada masa yang akan datang menghadapi tantangan yang semakin berat. Kondisi tersebut akan terjadi persaingan ketat baik di pasar uang dan modal maupun di pasar barang dan jasa. Untuk itu perlu kesiapan yang menyangkut profesionalisme suatu profesi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi antara akuntan, mahasiswa akuntansi, dan karyawan bagian akuntannsi terhadap etika profesi akuntan. Etika profesi dalam penelitian ini memfokuskan pada prinsip kode etik Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan, mahasiswa akuntansi di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Surakarta, dan karyawan bagian akuntansi di Surakarta. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk pengumpulan sampel. Alat analisis instrument yang digunakan adalah pearson correlation product moment untuk uji validitas, cronbach alpha untuk uji reliabilitas, one kolmogorov smirnov untuk test normalitas data. Sampel yang digunakan adalah akuntan, mahasiswa akuntansi dan karyawan bagian akuntansi di Surakarta. Pengambilan sampel berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil pengujian hipotesis dengan analysis of variance (ANOVA) pada persepsi terhadap etika profesi secara keseluruhan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara akuntan, mahasiswa akuntan, dan karyawan bagian akuntansi dengan nilai p value 0,000. hasil penelitian ini konsisten dengan penelitian yang dilakukan Wulandari dan Sularso (2002). Berdasarkan hasil analisis, nilai mean tiap kelompok sampel terhadap etika profesi secara keseluruhan menunjukkan bahwa niali mean karyawan bagian akuntansi paling tinggi mengenai etika profesi akuntan disbanding mahasiswa dan akuntan. Karyawan bagian akuntansi mempunyai persepsi yang lebih baik terhadap etika profesi akuntan dibanding yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Etika Profesi Akuntan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:21
Last Modified: 07 Apr 2011 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item