ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI AUDITOR BERDASARKAN LEVEL HIERARKIS AUDITOR TERHADAP LINGKUNGAN KERJA AKUNTAN PUBLIK (Survey pada KAP di Solo dan Semarang)

Kurniasari , Ina (2007) ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI AUDITOR BERDASARKAN LEVEL HIERARKIS AUDITOR TERHADAP LINGKUNGAN KERJA AKUNTAN PUBLIK (Survey pada KAP di Solo dan Semarang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._hal_depan.pdf

Download (356kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Profesi akuntansi di Indonesia masih tergolong muda. Akuntansi baru mulai dikenal di Indonesia setelah tahun limapuluhan, yaitu ketika semakin banyak perusahaan didirikan dan akuntansi sistem Amerika mulai dikenal, terutama melalui pendidikan di perguruan tinggi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi di antara level hierarkis auditor dalam KAP terhadap lingkungan kerja akuntan publik di Indonesia. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan mahasiswa akuntansi dapat memahami lebih dalam mengenai lingkungan kerja akuntan publik sebagai bekal jika telah berprofesi sebagai akuntan dan memberikan masukan bagi penelitian lain dalam mendiskusikan dan meneliti masalah lingkungan kerja akuntan publik. Penelitian ini adalah hypotesis testing, yaitu menguji perbedaan persepsi diantara level hierarkis auditor dalam kantor akuntan publik terhadap lingkungan kerja akuntan publik dengan alat ujinya adalah Chi Square. Populasi dalam penelitian ini adalah akuntan publik yang ada di kota Solo dan Semarang, sedangkan sampel penelitian dikelompokkan menjadi: partner atau manajer, auditor senior atau supervisor, dan auditor yunior atau staf dengan metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode convenience sampling. Hasil perhitungan yang dilakukan dengan Analisis Chi Square atau uji independensi dengan bantuan program komputer SPSS 13.0 for windows, diketahui bahwa lingkungan kerja auditor yang terdiri dari tugas-tugas dan tanggung jawab kerja, promosi, pelatihan dan pengawasan serta masalah-masalah pribadi maka diketahui bahwa untuk tugas-tugas dan tanggung jawab kerja diketahui nilai χ 2 hitung = 83,739 yang lebih besar dari χ 2 tabel = 12,591 sehingga Ho ditolak, yang artinya bahwa terdapat perbedaan persepsi diantara level hierarkis auditor terhadap tugas-tugas dan tanggung jawab kerja auditor, untuk promosi, pelatihan dan pengawasan diketahui nilai χ 2 hitung = 51,679 yang lebih besar dari χ 2 tabel = 12,591 sehingga Ho ditolak, yang artinya bahwa terdapat perbedaan persepsi diantara level hierarkis auditor terhadap promosi, pelatihan dan pengawasan auditor, dan untuk masalah-masalah pribadi diketahui nilai χ 2 hitung = 66,508 yang lebih besar dari χ 2 tabel = 12,591 sehingga Ho ditolak, yang artinya bahwa terdapat perbedaan persepsi diantara level hierarkis auditor terhadap masalah-masalah pribadi auditor. Sedangkan hasil pengujian Chi Square secara keseluruhan diketahui bahwa untuk hubungan antara level hierarkis auditor terhadap lingkungan kerja diperoleh nilai χ 2 hitung sebesar 43,691 > χ 2 tabel 12,591 sehingga membuktikan bahwa antara level hierarkis auditor dengan lingkungan kerja auditor terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: level hierarkis auditor, lingkungan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2011 05:07
Last Modified: 07 Apr 2011 05:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11304

Actions (login required)

View Item View Item