USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI SISTEM TUTORIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Geyer Grobogan )

Susilo, Amin (2008) USAHA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI SISTEM TUTORIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Di SMP Negeri 2 Geyer Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030139.pdf

Download (67kB)
[img] PDF
A410030139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui sistem tutorial. Dalam proses pembelajaran matematika, subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Geyer yang berjumlah 44 siswa dan yang menjadi obyek dalam penelitian ini ialah materi persegi dan persegi panjang. Data yang dikumpulkan melalui metode tes, metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Data dianalisis secara deskriptif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa melalui sistem tutorial dalam proses pembelajaran matematika mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam hafalan meningkat hingga putaran III sebanyak 35 siswa (79,54%). Siswa mampu dalam memahami atau komprehensif meningkat hingga putaran III sebanyak 32 siswa (72,72%). Siswa yang mampu mengaptikasi ataua menerapkan meningkat hingga putaran III sebanyak 28 siswa (63,63%). Siswa yang mampu dalam menganalisis meningkat hingga putaran III sebanyak 26 siswa (59,09). Kemapuan siswa dalam sintesis meningkat hingga putaran III sebanyak 24 siswa (54,54%). Kemampuan siswa dalam mengevaluasi meningkat hingga putaran III sebanyak 23 siswa (52,27%). Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan sistem tutorial pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, kognitif_ siswa, sistem_ tutorial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2009 03:18
Last Modified: 31 Jan 2011 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item