PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL : KOMITMEN TUJUAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Sukoharjo)

APRIANI, TRINING DIAN (2007) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL : KOMITMEN TUJUAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
B200030004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
Bab.1.pdf

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka.lamp)
daft.pustaka.lamp.pdf

Download (67kB)

Abstract

Peningkatan partisipasi manajer dalam penyusunan anggaran diharapkan dapat meningkatkan kinerja manajer. Namun demikian pengaruh partisipasi penyusunan anggaran dalam meningkatkan kinerja manajer diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor atau variabel yang bersifat kondisional seperti tinggi rendahnya komitmen setiap manajer terhadap tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajer dengan komitmen tujuan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer, manajer divisi, dan staff pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini adalah 43 orang manajer manajer divisi, dan staff pada perusahaan manufaktur di Kabupaten Sukoharjo. Sampel diambil dengan teknik judgement sampling atau pengambilan sampel dengan pertimbangan atas kriteria tertentu. Teknik dianalisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajer dan H1 diterima. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung > ttabel (7,014 > 2,042) diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (2) Partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajer melalui komitmen tujuan sebagai variabel intervening dan H2 diterima. pengaruh tidak langsung partisipasi anggaran terhadap kinerja manajer melalui komitmen tujuan sebagai variabel intervening adalah sebesar 0,461.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi anggaran, kinerja manajer, komitmen tujuan, intervening
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Apr 2011 10:31
Last Modified: 06 Apr 2011 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item