ANALISIS HUBUNGAN STRUKTUR MODAL DENGAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) GUNA MENILAI KINERJA PERBANKAN ( Studi Kasus Saham bank-bank di BEJ tahun 2003-2005)

FITASARI, TRI (2007) ANALISIS HUBUNGAN STRUKTUR MODAL DENGAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) GUNA MENILAI KINERJA PERBANKAN ( Studi Kasus Saham bank-bank di BEJ tahun 2003-2005). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris penilaian kinerja perbankan dengan metode Economic Value Added (EVA), mengetahui dan membuktikan secara empiris hubungan perubahan struktur hutang dengan perubahan EVA dan hubungan perubahan struktur modal dengan perubahan EVA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: 1. Terdapat hubungan antara perubahan proporsi hutang dengan perubahan EVA 2. Terdapat hubungan antara perubahan proporsi modal dengan perubahan EVA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih secara Purposive Sampling dengan mengambil populasi dari sektor perbankan yang listing di BEJ sejak 2003 – 2005. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Korelasi Pearson. Hasil uji korelasi untuk menguji adanya hubungan antara perubahan proporsi hutang dengan perubahan EVA menunjukkan nilai korelasi Pearson sebesar 77,7% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil uji korelasi untuk menguji adanya hubungan antara perubahan proporsi modal dengan perubahan EVA menunjukkan nilai korelasi Pearson sebesar -69,7% dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan hasil pengujian adalah mendukung kedua hipotesis yang telah diajukan. Penelitian selnajutnya disarankan untuk melakukan penilaian berdasarlan metode EVA pada semua sektor industri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added (EVA), Proporsi Hutang, Proporsi Modal Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 10:06
Last Modified: 06 Apr 2011 10:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item