ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA BPR ARTHA MANDIRI DENGAN BMT SUMBER USAHA DARI SISI SKALA OPERASI DAN STRUKTUR MODAL

Latifah , Nur (2007) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN ANTARA BPR ARTHA MANDIRI DENGAN BMT SUMBER USAHA DARI SISI SKALA OPERASI DAN STRUKTUR MODAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Cover.pdf

Download (599kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan sentral dari seluruh pembangunan yang diadakan pemerintah. Tujuan pembangunan secara umum adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi memberikan peran kepada pihak swasta yang lebih besar, oleh karena itu keberadaan badan usaha dan perbankan menjadi sangat strategis untuk mewujudkan cita-cita pembangunan. Tujuan dari penelitian adalah untuk membandingkan kinerja BPR sebagai wakil Bank Konvensional dan BMT sebagai wakil Bank Syariah, melihat hubungan skala operasi dengan kinerja dan melihat hubungan struktur modal dengan kinerja. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan bagi bank-bank tersebut. Teknik analisis data merupakan teknik yang dipergunakan untuk menganalisis data sehingga penelitian tidak menyimpang dari tujuan, teknik analisis yang digunakan adalah alat analisis rasio keuangan. Adapun sebagai sampel dalam penelitian ini diambil BPR Artha Mandiri sebagai wakil Bank Konvensional dan BMT Sumber Usaha sebagai wakil Bank Syariah. Berdasarkan hasil penelitian tentang perbandingkan kinerja keuangan antara BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha dari sisi skala operasi dan struktur modal dengan alat uji independent sample t test, maka untuk Current ratio diperoleh thitung -1,852 dengan p=0,205 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha berdasarkan current ratio. Untuk Quick ratio diperoleh thitung -1,819 dengan p=0,210 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha berdasarkan quick ratio. Untuk Return on Assets diperoleh thitung -1,899 dengan p=0,134 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha berdasarkan return on assets. Untuk Return on Equity Capital diperoleh thitung 8,521 dengan p=0,004 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha berdasarkan return on equity capital. Dan untuk Rasio solvabilitas diperoleh thitung -1,902 dengan p=0,197 < 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja keuangan BPR Artha Mandiri dengan BMT Sumber Usaha berdasarkan rasio solvabiltias.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: current ratio, quick ratio, return on assets, return on equity capital, rasio solvabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:43
Last Modified: 06 Apr 2011 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11276

Actions (login required)

View Item View Item