PENGARUH INFORMASI LABA USAHA DAN LABA BERSIH TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Periode Tahun 2000 - 2004)

LESTARI, ANIK DWI (2007) PENGARUH INFORMASI LABA USAHA DAN LABA BERSIH TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA (Studi Empiris Periode Tahun 2000 - 2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (560kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah publikasi laba usaha dan laba bersih berpengaruh secara signifikan terhadap return saham di Bursa Efek Jakarta tahun 2000 – 2004. Informasi laba merupakan salah satu komponen dari laporan keuangan yang dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan dan prospek investasi di masa mendatang. Pengujian kandungan informasi atas laba dimaksudkan untuk melihat reaksi dari suatu publikasi laba dalam laporan keuangan. Penelitian ini bermaksud mengetahui apakah publikasi laba usaha dan laba bersih memiliki kandungan informasi yang cukup untuk membuat pasar bereaksi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian empiris yang menggunakan data sekunder dari BEJ. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 34 perusahaan manufaktur go public yang mengumumkan laba pada tahun 2000-2004. Sampel dipilih secara purposive sampling dan data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan JSX Monthly Statistic. Perhitungan dalam pengukuran variabel adalah dengan menghitung return saham atas harga penutupan akhir tahun. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Laba usaha berpengaruh positif terhadap return saham, artinya informasi laba usaha berpengaruh terhadap pergerakan harga saham. Semakin tinggi pencapaian laba usaha, maka harga saham semakin meningkat. Hal ini terbukti dari hasil uji t (2,274) diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Laba bersih berpengaruh positif terhadap return saham, artinya informasi laba bersih berpengaruh terhadap pergerakan harga saham. Semakin tinggi pencapaian laba bersih, maka harga saham semakin meningkat. Hal ini terbukti dari hasil uji t (3,495) diterima pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: laba usaha, laba bersih, return saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:58
Last Modified: 06 Apr 2011 09:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item