Analisis Kebijaksanaan Penetapan Harga Jual Dengan Pendekatan Full Costing Pada Perusahaan Era Furniture-Interior di Surakarta

Ningsih, Indri Novia (2007) Analisis Kebijaksanaan Penetapan Harga Jual Dengan Pendekatan Full Costing Pada Perusahaan Era Furniture-Interior di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Cover.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Bab_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (Bab V)
Indri_Novia_N,_Skripsi-Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Indri_Novia_N,_Skripsi-DaftarPustaka.pdf

Download (19kB)

Abstract

Dengan adanya berbagai perubahan yang mendasar pada era globalisasi sekarang ini telah memberikan dampak positif dan negatif disektor perdagangan. Usaha kecil dan menengah dituntut untuk mengantisipasi perubahan tersebut dan mampu memanfaatkan perubahan menjadi peluang bisnis. Dalam kegiatan usahanya setiap perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk tetap survive dan berkembang secara mandiri dalam menghadapi persaingan yang ada. Persaingan yang terjadi tidak hanya menimbulkan suatu ancaman tetapi dapat juga memberikan peluang yang bermanfaat bagi perusahaan dalam upaya meningkatkan atau memaksimalkan laba dan meningkatkan volume penjualan dengan tetap memperhitungkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan melihat situasi persaingan yang ada maka penetapan harga jual yang tepat sangat diperlukan, agar perusahaan dapat merangsang konsumen untuk membeli produk perusahaan sehingga pada akhirnya perusahaan dapat meningkatkan hasil penjualan semaksimal mungkin. Dalam mempertimbangkan harga jual agar peningkatan hasil penjualan tercapai, maka penetapan harga jual produk didasarkan pada biaya total yang dikeluarkan perusahaan sebagai batas minimal penetapan. Judul skripsi ini adalah “Analisis Kebijaksanaan Penetapan Harga Jual Dengan Pendekatan Full Costing Pada Perusahaan ERA Furniture-Interior di Surakarta”. Penentuan harga pokok penuh (full costing) adalah suatu konsep penentuan harga pokok yang memasukkan biaya produksi yaitu bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Biaya pemasaran dan biaya administrasi diperlukan sebagai biaya periode. Dan ditambah laba yang wajar sejumlah mark-up untuk menentukan harga jual perusahaan. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kebijaksanaan penetapan harga jual dengan pendekatan full costing akan meningkatkan hasil penjualan produk pada perusahaan ERA Furniture-Interior di Surakarta. Berdasarkan analisa deskriptif kuantitatif yaitu analisa harga jual dengan pendekatan full costing dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan full costing akan meningkatkan hasil penjualan perusahaan dalam hal ini laba perusahaan. Harga jual dengan pendekatan full costing lebih tinggi dibanding harga jual perusahaan sesungguhnya. Selisih harga jual dari tahun 2003-2005 antara 0,8% sampai 1,5% per unit sehingga akan meningkatkan hasil penjualan perusahaan. Dengan pendekatan full costing, perusahaan memperoleh kenaikan hasil penjualan berupa laba perusahaan dari tahun 2003-2005 antara 7,7% sampai 14,2%. Sedangkan volume penjualan mengalami peningkatan sebesar 10% sampai 19%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Jual, Full Costing, ERA Furniture-Interior Surakarta
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:57
Last Modified: 13 Jan 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item