PERSEPSI AUDITOR TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA DITINJAU DARI LEVEL HIERARKIS AUDITOR DALAM KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Survei Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surakarta)

Firdausi, Andhika (2007) PERSEPSI AUDITOR TERHADAP KODE ETIK IKATAN AKUNTAN INDONESIA DITINJAU DARI LEVEL HIERARKIS AUDITOR DALAM KANTOR AKUNTAN PUBLIK (Survei Pada Kantor Akuntan Publik di Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Auditor sebagai sebuah profesi memiliki seperangkat kode etik dalam menjalankan profesinya. Terjadinya pelanggaran etika mengakibatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi auditor menurun. Tingkatan struktur hirarki pada Kantor Akuntan Publik (KAP) dapat mengakibatkan adanya perbedaan di kalangan auditor terhadap kode etik akuntan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan persepsi antara auditor senior dan yunior tentang kode etik ikatan akuntan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitin survey yang menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data secara langsung dari responden. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh auditor KAP di wilayah Surakarta. Sampel dibagi menjadi dua, yaitu auditor senior dan yunior. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang didasarkan pertimbangan (kriteria) tertentu. Pengujian kualitas data dengan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisa untuk uji hipotesis menggunakan uji beda mean (Independent Sampel t test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi di antara auditor senior dan yunior tentang kode etik ikatan akuntan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test (3,640) yang diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya senior memiliki persepsi yang lebih positif (129,909) terhadap kode etik ikatan akuntan Indonesia dibandingkan auditor yunior (121,150).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: auditor, senior, yunior, kode etik Ikatan Akuntan Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:33
Last Modified: 06 Apr 2011 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item