ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Campuran Yang Terdaftar di BEJ Periode Tahun 2001-2003)

HIDAYATI, HAPSARI NUR (2007) ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN DIVIDEN (Studi Empiris Pada Perusahaan Campuran Yang Terdaftar di BEJ Periode Tahun 2001-2003). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_Pustaka.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)

Abstract

Informasi laba dan arus kas operasi merupakan salah satu komponen dari laporan keuangan yang dapat digunakan untuk memprediksi kinerja perusahaan dan prospek investasi di masa mendatang. Pengujian kandungan informasi atas laba dan arus kas operasi dimaksudkan untuk melihat reaksi dari suatu publikasi laba dalam laporan keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah informasi laba dan arus kas operasi dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan pada perusahaan manufaktur di BEJ periode tahun 2000-2004. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 38 perusahaan manufaktur go public yang mempublikasikan laporan keuangan pada tahun 2000-2004. Sampel dipilih secara purposive sampling dan data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory dan JSX. Pengukuran variabel dalam satuan jutaan rupiah. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Secara individu informasi laba dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan dengan kemampuan prediksi satu tahun ke depan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung = 2,285 diterima pada taraf signifikansi 5% (p‹0,05). (2) Secara individu informasi arus kas operasi dapat digunakan untuk memprediksi arus kas operasi masa depan dengan kemampuan prediksi satu tahun ke depan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung = 14,552 diterima pada taraf signifikansi 5% (p‹0,05)..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: informasi laba, arus kas operasi, arus kas operasi masa depan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:26
Last Modified: 06 Apr 2011 09:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11267

Actions (login required)

View Item View Item