ANALISIS RENTABILITAS MODAL SENDIRI DAN RENTABILITAS EKONOMI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN MODAL PADA PDAM TIRTA MAKMUR SUKOHARJO

INDRIYATI, INDRIYATI (2007) ANALISIS RENTABILITAS MODAL SENDIRI DAN RENTABILITAS EKONOMI DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN MODAL PADA PDAM TIRTA MAKMUR SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih menguntungkan antara modal sendiri dan modal asing dalam pemenuhan kebutuhan modal bila ditinjau dari rentabilitas modal sendiri dan rentabilitas ekonomi tahun 2001-2005 pada PDAM Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang meliputi neraca komparatif tahun 2001-2005, laporan laba/rugi komparatif tahun 2001-2005 dan keteranganketerangan lain yang berhubungan dengan neraca dan laba/rugi perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara, dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis rentabilitas ekonomi dan analisis rentabilitas modal sendiri. Dari analisis yang dilakukan diperoleh hasil bahwa:1) dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Profit Margin PDAM Tirta Makmur Sukoharjo masih rendah dan berfluktuasi, berarti efisiensi perusahaan masih rendah. Hal ini disebabkan karena biaya usaha/biaya operasional sering lebih besar dikeluarkan daripada pendapatan operasional yang diperoleh, sehingga diperoleh Profit Margin yang rendah; 2) Operating Asset Turnover PDAM Tirta Makmur Sukoharjo masih rendah dan berfluktuasi, hal ini berarti perusahaan belum efektif dan efisien dalam penggunaan aktiva dilihat dari perputaran Operating Assets (modal usaha) dalam suatu periode tahun efektivitas penggunaan aktiva perusahaan; 3) tingkat rentabilitas ekonomi PDAM Tirta Makmur Sukoharjo mengalami penurunan dari tahun ke tahun dan berfluktuasi, hal ini berarti semakin rendah rentabilitas ekonomi (dengan tingkat bunga tetap), sehingga penggunaan modal asing akan lebih besar, hal ini dapat mengakibatkan penurunan rentabilitas modal sendiri; 4) RMS pada PDAM Tirta Makmur Sukoharjo masih rendah dan berfluktuasi, hal ini disebabkan karena penggunaan modal sendiri yang kurang efisien sehingga laba yang diperoleh masih rendah sehingga menyebabkan RMS kurang maksimal dalam penggunaannya. PDAM Tirta Makmur Sukoharjo belum mampu untuk bekerja dengan hanya menggunakan modal sendiri tanpa bantuan dari modal asing.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rentabilitas ekonomi, rentabilitas modal sendiri, PDAM Tirta Makmur Sukoharjo
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 09:13
Last Modified: 06 Apr 2011 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item