ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH, TINGKAT BUNGA, DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SEKTOR KEUANGAN

Ratnaningsih, Evi Wulandari (2007) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH, TINGKAT BUNGA, DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM SEKTOR KEUANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1_cover.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (bab 1)
bab_1.pdf

Download (128kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daf_pus.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

Investor biasanya tidak ingin rugi atas investasinya karena mereka berinvestasi untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang sesuai dengan jumlah yang diharapkan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidupnya dibanding saat-saat sebelumnya. Berinvestasi dalam bentuk saham diambil dengan mempertimbangkan perubahan kurs valuta asing, tingkat suku bunga, dan indeks harga saham gabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara perubahan nilai tukar rupiah, tingkat bunga deposito, dan indeks harga saham gabungan terhadap indeks harga saham sektor keuangan baik secara individu maupun bersamaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 data secara time series untuk variabel indeks harga saham sektor keuangan (Y), nilai tukar rupiah atas US Dollar (X1), tingkat bunga deposito (X2), dan indeks harga saham gabungan (X3) bulanan periode 2002-2005. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F, sedangkan uji asumsi klasik digunakan untuk menguji model yang digunakan agar memenuhi kaidah sebagai parameter penduga yang baik (BLUE) yaitu Best, Linier, Unbiased,dan Estimated. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung nilai tukar rupiah (X1) sebesar -0,093, dan tingkat bunga (X2) sebesar -0,616 tidak berpengaruh secara parsial terhadap indeks harga saham sektor keuangan, sedangkan indeks harga saham gabungan (X3) sebesar 9,627 berpengaruh secara parsial terhadap indeks harga saham sektor keuangan. Nilai Fhitung nilai tukar rupiah, tingkat bunga, dan indeks harga saham gabungan sebesar 129,871 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,817 pada taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama nilai tukar rupiah, tingkat bunga, dan indeks harga saham gabungan berpengaruh secara signifikan terhadap indeks harga saham sektor keuangan. Koefisien adjusted R Square sebesar 0,892 atau 89,2% berarti variabel nilai tukar rupiah, tingkat bunga, dan indeks harga saham gabungan mempengaruhi indeks harga saham sektor keuangan sebesar 89,2%, sedangkan sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai tukar rupiah, tingkat bunga, indeks harga saham gabungan, indeks harga saham sektor keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 06 Apr 2011 08:54
Last Modified: 06 Apr 2011 08:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item