ANALISIS KOMITMEN ORGANISASIONAL, KOMITMEN PROFESIONAL, MOTIVASI, KESEMPATAN KERJA, KEPUASAAN KERJA TERHADAP AUDITOR INTERNAL DITINJAU DARI ASPEK GENDER (Survey pada Perusahaan Manufaktur di Wilayah Eks-Karesidenan Surakarta)

PARWATI, AYUNINGTYAS (2007) ANALISIS KOMITMEN ORGANISASIONAL, KOMITMEN PROFESIONAL, MOTIVASI, KESEMPATAN KERJA, KEPUASAAN KERJA TERHADAP AUDITOR INTERNAL DITINJAU DARI ASPEK GENDER (Survey pada Perusahaan Manufaktur di Wilayah Eks-Karesidenan Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
full_texs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img]
Preview
PDF (Hal.depan)
Hal.depan.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Daft.pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Perjuangan kesetaraan gender adalah terkait dengan kesetaran sosial antara pria dan wanita dilandaskan kepada pengakuan bahwa ketidaksetaraan gender yang disebabkan oleh diskrimanasi struktural dan kelembagaan. Auditor internal merupakan salah satu profesi yang tidak terlepas dari diskriminasi gender. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan komitmen organisasional, komitmen profesional, motivasi, kesempatan kerja, kepuasaan kerja antara auditor internal pria dan wanita. Penelitian ini menggunakan metode survei, dengan populasi adalah auditor internal yang bekerja pada perusahaan manufaktur di Eks-Karesidenan Surakarta. Sampel yang digunakan adalah auditor internal yang mempunyai kemampuan kerja minimal dua tahun. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 34 orang auditor internal. Sehubungan dengan masalah tersebut, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ho : tidak terdapat perbedaan komitmen organisasional, komitmen profesional, motivasi, kesempatan kerja, kepuasaan kerja antara auditor internal pria dan wanita pada perusahaan manufaktur di Eks- Karesidenan Surakarta. Alat analisis instrument yang digunakan adalah Pearson Product Moment untuk uji validitas, Cronbach Alpha untuk uji reliabilitas. Sedang alat uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test, hal ini karena data yang dihasilkan terdistribusi normal dan terdiri dari dua sampel yang diuji secara independent. Data diolah dengan bantuan program SPSS 12. Hasil uji independent sample t-test menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan atau terdapat kesetaraan komitmen organisasional, komitmen profesional, motivasi, kesempatan kerja antara auditor internal pria dan wanita, hal ini terbukti dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5% (p>0,05). Sedangkan kepuasaan kerja, menunjukan adanya perbedaan antara auditor internal pria dan wanita, hal ini terbukti dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5% (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komitmen organisasional, komitmen profesional, motivasi, kesempatan kerja, kepuasaan kerja.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 06 Apr 2011 08:46
Last Modified: 06 Apr 2011 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item