PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Survey Pada Perusahaan Tekstil di Kabupaten Sukoharjo)

SANTOSO , AGUNG ANWAR (2006) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI ANGGARAN DENGAN SENJANGAN ANGGARAN (Survey Pada Perusahaan Tekstil di Kabupaten Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (lampiran 1)
DAFTAR_GAMBAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
DAFTAR_TABEL_dan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran 3)
HASIL_UJI_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran 4)
KUESIONER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)

Abstract

Partisipasi dalam penyusunan anggaran, komitmen organisasi, dan motivasi merupakan teknik manajemen yang efektif untuk melibatkan manajer dalam melaksanakan secara penuh tanggung jawab atas anggaran yang telah disusun. Anggaran yang disusun secara partisipatif cenderung akan lebih realistis dan tidak terjadi slack (senjangan anggaran). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi dalam penyusunan anggaran terhadap senjangan anggaran dengan variabel komitmen organisasi dan motivasi sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah manajer menengah pada perusahaan tekstil di Sukoharjo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 35 manajer menengah yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil pengumpulan data diuji kualitasnya dengan uji validitas dan uji reliabilitas dengan teknik korelasi product moment dan cronbach’s alpha. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda yang disertai dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh terhadap senjangan anggaran. Hasil analisis regresi memperoleh nilai p=0,000 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H1 diterima. Artinya partisipasi anggaran yang tinggi dari bawahan akan meningkatkan kemungkinan terjadinya senjangan anggaran. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh negatif terhadap senjangan anggaran. Hasil analisis regresi yang memperoleh nilai p-value untuk interaksi partisipasi dan komitmen organisasi sebesar 0,030 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H2 diterima. Artinya partisipasi anggaran akan menurunkan senjangan anggaran bila bawahan berkomitmen organisasi tinggi. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi partisipasi penyusunan anggaran dan motivasi berpengaruh negatif terhadap senjangan anggaran. Hasil analisis regresi yang memperoleh nilai p-value untuk interaksi partisipasi dan motivasi sebesar 0,021 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05) dan H3 diterima. Artinya partisipasi anggaran akan menurunkan senjangan anggaran bila motivasi kerja bawahan termasuk tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi penyusunan anggaran, komitmen organisasi, motivasi, senjangan anggaran
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 05:34
Last Modified: 06 Apr 2011 05:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item View Item