PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN KINERJA MANAJERIAL

PRASETYA, HENDRA (2007) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PENGANGGARAN PARTISIPATIF DENGAN KINERJA MANAJERIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran 1)
LAMP.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran 2)
LAMP2.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran 3)
LAMP3.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh hubungan partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial melalui hubungan interaksi komitmen organisasi dan ketidakpastian lingkungan. Penelitian ini dilakukan pada Rumah Sakit di Wilayah Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 42 sampel dari kalangan manajer menengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Namun dengan terlebih dahulu diuji kualitas datanya dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Hasil analisis data dengan uji t menunjukkan bahwa variabel partisipasi anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial dan interaksi antara partisipasi anggaran dengan ketidakpastian lingkungan, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai probabilitas t untuk masing-masing variabel sebesar 0,002 (partisipasi anggaran); 0,007 (komitmen organisasi); 0,032 (ketidakpastian lingkungan); dan 0,022 (interaksi partisipasi angaran dengan ketidakpastian lingkungan) yang lebih kecil dari 0,05 ( p < 0,05). Sedangkan untuk variabel interaksi antara partisipasi anggaran dan komitmen organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja manajerial, karena nilai probabilitas t lebih besar dari 0,05 yaitu 0,692. Berdasarkan hasil Uji F, secara bersama-sama kelima variabel yaitu partisipasi anggaran, komitmen organisasi, ketidakpastian lingkungan, interaksi antara partisipasi anggaran dan komitmen organisasi dan interaksi antara partisipasi anggaran dan ketidakpastian lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai probabilitas F sebesar 0,000 ( p < 0,05). Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya koefisien determinasi pada model pertama sebesar 0,516, hal ini menunjukkan kinerja manajerial dipengaruhi oleh partisipasi anggaran, komitmen organisasi dan interaksi antara partisipasi anggaran dan komitmen organisasi sebesar 51,6%. Sedangkan hasil koefisien determinasi pada model kedua diperoleh nilai sebesar 0,573, hal ini menunjukkan kinerja manajerial dipengaruhi oleh partisipasi anggaran, ketidakpastian lingkungan dan interaksi antara partisipasi anggaran dan ketidakpastian lingkungan sebesar 57,3%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Komitmen Organisasi, Ketidakpastian Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2011 05:13
Last Modified: 06 Apr 2011 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item