ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UKUR EFISIENSI PENGGUNAAN DANA PADA KPRI ”NGESTI RAHAYU” DI KLATEN

DEWI, SINTA AYU PUSPITA (2007) ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI SALAH SATU ALAT UKUR EFISIENSI PENGGUNAAN DANA PADA KPRI ”NGESTI RAHAYU” DI KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan, Bab 1, Daftar Pustaka)
Bab1.pdf

Download (298kB)
[img] PDF
Sinta_Ayu_Puspita_Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Peranan koperasi dalam pembangunan ekonomi dewasa ini semakin penting dirasakan semua pihak, khususnya kalangan ekonomi menengah ke bawah. Kehadiran koperasi diharapkan akan memberikan point tersendiri dalam usahanya untuk memecahkan permasalahan nasional yaitu masalah kesempatan kerja meningkatkan pendapatan masyarakat serta pemerataan kegiatan pembangunan. Koperasi perlu mengelola penggunaan dana yang ada untuk mendapatkan keuntungan. Berpihak pada koperasi dan penggunaan dana, penulis ingin menganalisa efisiensi penggunaan dana pada KPRI Ngesti Rahayu Klaten. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah KPRI Ngesti Rahayu Klaten sudah efisien dalam penggunaan dana atau belum. Untuk menganalisa dan membuktikannya penulis menggunakan alat analisa rasio yaitu diantaranya rasio likuiditas (current ratio & quick ratio), rasio rentabilitas (ekonomis dan modal sendiri), rasio solvabilitas (total debt to total equity ratio dan total debt to total assets ratio) dan rasio profitabilitas (gross profit margin dan net profit margin) dengan menganalisis neraca dan laporan rugi laba periode 31 Desember 2002 sampai dengan periode 31 Desember 2005. Dari perhitungan rasio likuiditas dapat disimpulkan bahwa KPRI Ngesti Rahayu Klaten selama empat tahun mengalami penurunan yang disebabkan meningkatnya hutang lancar dari tahun ke tahun tapi secara keseluruhan rasio likuiditas dinilai likuid. Rasio rentabilitas dalam keadaan yang baik karena terjadi peningkatan tiap tahunnya. Rasio solvabilitas dalam kondisi yang cukup baik karena kewajiban atau hutang yang ditanggung oleh koperasi tersebut mengalami penurunan. Sedangkan rasio profitabilitas mengalami naik turun dan dikatakan dalam kondisi yang cukup baik. Dari analisa diatas dapat disimpulkan bahwa KPRI Ngesti Rahayu sudah cukup efisien dalam penggunaan dananya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rasio likuiditas , rasio rentabilitas , rasio solvabilitas , total debt to total assets ratio , rasio profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 05 Apr 2011 10:28
Last Modified: 05 Apr 2011 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11241

Actions (login required)

View Item View Item