ANALISIS PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MEUBEL EXPORT PT. ADIWRAKSA ATYANTA DARI TAHUN 2001-2005

WARDANI, DANING KUSUMA (2006) ANALISIS PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MEUBEL EXPORT PT. ADIWRAKSA ATYANTA DARI TAHUN 2001-2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (logo)
Daning_LOGOdoc.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Daning-Cover.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daning-Dafpus.pdf

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF
Bab1.pdf

Download (128kB)
[img] PDF
Bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)

Abstract

Perusahaan baik yang profit oriented maupun non profit oriented senantiasa membutuhkan dana untuk modal yang digunakan untuk membelanjakan dan menjalankan usahanya serta dalam usahanya untuk mencapai keuntungan harus memperhatikan kondisi finansialnya. Untuk mengetahui kondisi tersebut harus dilakukan penelitian analisis profitabilitas perusahaan. Yang disusun secara berkala yang biasanya berupa neraca keuangan dan laporan laba rugi. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneliti mengajukan hipotesis yaitu perusahaan PT. Adiwraksa Atyanta analisis profitabilitasnya dari tahun 2001-2005 semakin baik. Analisis profitabilitas dapat diketahui dengan menghitung rasiorasio profitabilitas antara lain Gross Profit Margin, Rentabilitas Ekonomi dengan menghitung Profit Margin, Operating Assets Turnover, Net Profit Margin, Return On Investment dan Return On Equity. Analisis profitabilitas bertujuan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Semakin tinggi tingkat profitabilitas yang dicapai maka semakin tinggi kemampuan perusahaan menghasilkan laba. Dari analisis data, rasio profitabilitas dari tahun 2001-2005 yang dihitung dengan rasio Gross Profit Margin dalam keadaan semakin baik, profitabilitas perusahaan bila diukur dari rasio Rentabilitas Ekonomi selalu berfluktuasi dengan tidak menentu hal ini disebabkan peningkatan biaya selain biaya bunga hutang jangka panjang yang mendorong penurunan laba sebelum pajak. Profitabilitas perusahaan yang diukur dengan rasio Net Profit Margin dalam keadaan baik. Sedangkan rasio profitabilitas yang diukur dengan rasio Return On Investment mengalami perubahan yang stabil. Dan bila dihitung dengan rasio Return On Equity profitabilitas perusahaan dalam keadaan kurang baik. Hal ini disebabkan prosentase modal sendiri. Dari analisis diatas dapat disimpulkan bahwa analisis profitabilitas dari tahun 2001-2005 dalam keadaan sudah baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profit Margin, Operating Assets Turnover, Net Profit Margin, Return On Investment ,Return On Equity
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 05 Apr 2011 10:13
Last Modified: 05 Apr 2011 10:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item