STUDI EMPIRIS PERBEDAAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2000-2005

FITRIANA, FITRIANA (2007) STUDI EMPIRIS PERBEDAAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH MERGER DAN AKUISISI PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2000-2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
fulll_texs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (ha.depan)
hal.depan.pdf

Download (995kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pust.lamp.)
daft.pustaka.lamp..pdf

Download (392kB)

Abstract

Persoalan-persoalan merger dan akuisisi dapat membuat perubahan pada kinerja perusahaan dan penampilan finansial yang tercermin pada kondisi dan posisi keuangan mengalami perubahan dalam pelaporan keuangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat reaksi pasar berupa perbedaan volume perdagangan saham antara periode sebelum dan sesudah terjadi peristiwa merger dan akuisisi pada perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Apabila peristiwa merger dan akuisisi bersifat informatif, maka akan mempengaruhi investor dalam pengambilan keputusan investasi. Hal ini akan menimbulkan suatu reaksi pasar berupa peningkatan atau penurunan volume perdagangan saham yang terjadi diseputar tanggal pengumuman merger dan akuisisi. Penelitian ini adalah event study yang melihat terhadap peristiwa merger dan akuisisi pada perusahaan publik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam volume perdagangan saham antara periode sebelum dengan periode sesudah merger dan akuisisi pada perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Hasil analisis dengan menggunakan uji-t dengan tingkat 5% menunjukkan bahwa aktivitas perdagangan saham sebelum peristiwa merger dan akuisisi tidak berbeda dengan aktivitas perdagangan saham setelah peristiwa merger dan akuisisi. Hal ini ditunjukkan oleh thitung yang berada diantara nilai ttabel (-2,064 < -1,025 < 2,064)

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: merger, akuisisi, perubahan volume perdagangan saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 05 Apr 2011 09:00
Last Modified: 05 Apr 2011 09:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11210

Actions (login required)

View Item View Item