ANALISIS PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING): FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETURN DAN RISIKO SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA

ASMORO , ANUGERAH MAYA (2007) ANALISIS PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING): FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP RETURN DAN RISIKO SAHAM PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover_-_daftar_gambar.pdf

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_dan_Daftar_pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

Perataan laba dapat di didefinisikan sebagai cara yang digunakan oleh manajemen untuk mengurangi fluktuasi laba yang dilaporkan agar sesuai dengan target yang diujudkan secara artificial (akuntansi) maupun riil (transaksi) (Atmini,2000). Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu fakto yang mempengaruhi tindakan perataan laba dan pengaruhnya terhadap return dan risiko saham pada perusahaan go public di BEJ. untuk menentukan adanya perataan laba digunakan indeks Eckel. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak 83 perusahaan dalam periode 2001 sampai dengan 2004. Pengklasifikasian indek Eckel dengan menggunakan laba bersih setelah pajak dengan penjualan. Analisis data dengan statistic deskriptif untuk menggambarka profil data, normalitas data dengan one sampel kolmogorov smirnov untuk mengatahui distribusi data, pengujian multivariate dengan uji Logistic regression untuk menganalisis factor yang mempengaruhi perataan laba, uji Mann Whitney U test untuk menjawab hipotesis kedua : ada tidaknya perbedaan nps, prifitabilitas, npm dan Leverage perusahaan perata dan bukan perata, uji beda rata – rata digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan return dan risiko (beta) perusahaan perata dan bukan perata laba untuk menjawab hipotesis ketiga dan keempat. Pengujian hipotesis pertama yang ingin mengetahui pengaruh variabel NPS, Profitabilitas, NPM, Leverage Kelompok usaha dan Winner losser stock terhadap tindakan perataan laba. Hasil pengujian logistic regression menyimpulkan bahwa semua variabel tersebut tidak berpengarh terhadap perataan laba dan mendukung penemuan Salno dan Baridwan (2000). Pengujian hipotesis kedua dengan Mann Whitney U test menyatakan bahwa variabel NPS, Profitabilitas, NPM dan Leverage tidak ada perbedaan antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba.Hasil tersebut mendukung penelitian Salno dan Baridwan (2000) dan Nurhayati (2006). Pengujian hipotesis ketiga dan keempat dengan uji beda rata – rata menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan return dan risiko (beta) antara perusahaan perata dan bukan perata laba sesuai dengan penemuan Salno dan Baridwan (2000), namun berbeda dengan Khafid dkk (2002), Michelson et al (1995), serta Arifin ,Naser dan Susanti (2002).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: perataan laba, return dan risiko (beta)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 03:10
Last Modified: 05 Apr 2011 03:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11180

Actions (login required)

View Item View Item