PENGARUH PERUBAHAN EARNING PER SHARE (EPS) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Kasus 18 Perusahaan Otomotif di PT. Bursa Efek Jakarta)

Anggraini , Dewi (2007) PENGARUH PERUBAHAN EARNING PER SHARE (EPS) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Studi Kasus 18 Perusahaan Otomotif di PT. Bursa Efek Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Seorang investor memiliki sejumlah pilihan investasi seperti: saham biasa, obligasi, real estate, dan logam berharga. Oleh karena itu, seorang investor pasti mengharapkan hasil dan nilai tambah dari investasi yang ia lakukan. Investasi pada saham merupakan alternatif pilihan investasi bagi seorang investor agar dapat memberikan pengembalian secara teratur berupa deviden dan dapat juga menghasilkan capital gain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah profitabilitas yang dinyatakan dalam Earning Per Share dan Net Profit Margin berpengaruh terhadap perubahan harga saham baik secara parsial maupun multiple. Penelitian ini dilakukan terhadap 18 perusahaan otomotif di PT. Bursa Efek Jakarta. Berdasarkan hasil analisa regresi linier berganda maka diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= 0,823 + 1,873 X1 + (-1,395) X2, Koefisien regresi EPS (X1) sebesar 1,873 artinya apabila ada kenaikan EPS sebesar satu satuan akan menyebabkan terjadinya peningkatan harga saham sebesar 1,873 dengan asumsi variabel yang lain tetap. Koefisien regresi NPM(X2) sebesar -1,395 artinya apabila terjadi peningkatan NPM sebesar satu satuan akan menyebabkan terjadinya penurunan harga saham sebesar -1,395 dengan asumsi variabel yang lain tetap. Hasil uji t menyatakan bahwa untuk variabel EPS diketahui bahwa thitung 2,289 > 2,131, maka variabel EPS (X1) hipotesis H0 ditolak artinya bahwa EPS berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham (Y). NPM diketahui bahwa thitung < ttabel (-1,609 < 2,131), maka untuk variabel NPM (X2) hipotesis diterima artinya bahwa NPM tidak berpengaruh terhadap harga saham (Y). Hal tersebut dapat disebabkan faktor NPM yang mempunyai nilai negatif yang mengakibatkan tidak ada pengaruh terhadap harga saham dan bahkan menurunkan harga saham. Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersama-sama, diperoleh Fhitung < Ftabel (2,697 < 3,68), maka variabel EPS, dan NPM secara bersama-sama atau serentak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham (Y). Dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,264 ini menunjukkan bahwa variabel EPS, dan NPM berpengaruh terhadap variabel harga saham sebesar 26,4%. Sedangkan sisanya sebesar 73,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model atau tidak penulis teliti. Dari perhitungan diatas dapat dilihat pengaruh dari kedua variabel yang relatif kecil yang disebabkan oleh tidak berpengaruh variabel NPM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EPS, NPM, dan HS.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 02:59
Last Modified: 05 Apr 2011 02:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item