ANALISIS PENGARUH RISIKO SISTEMATIK DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN KEUANGAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA

RETNANINGSIH, DIYAH (2007) ANALISIS PENGARUH RISIKO SISTEMATIK DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN KEUANGAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._COVER.pdf

Download (48kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
2._BAB_2-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
3._BAB_4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
4._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dan maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko sistematik dan faktor-faktor fundamental seperti Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Debt To Equity Ratio (DER), Book Value (BV), mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham, untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap harga saham, dan untuk mengetahui pengaruh risiko sistematik dan faktor fundamental secara parsial terhadap harga saham. Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah risiko sistematik (Beta) dan faktor fundamental (ROA, ROE, BV, DER) berpengaruh terhadap harga saham perusahaan keuangan go public. Pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan “ non probability random sampling “ dengan metode “ purposive sampling “. Dari 60 perusahaan keuangan yang ada di Pasar Modal sampai akhir tahun 2004, hanya diambil sebanyak 26 perusahaan keuangan yang listing di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2001-2004 dan memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel penelitian Pengujian asumsi klasik terhadap variabel dilakukan terlebih dahulu sebelum analisis regresi. Dari hasil uji normalitas data dapat diketahui bahwa data tidak terdistribusi normal dan kemudian dilakukan transformasi data kedalam logaritma normal dan diuji kembali dengan one-sample kolmogorov smirnov, diperoleh hasil bahwa data terdistribusi normal. Kemudian dilakukan pengujian multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi yang menghasilkan data terdisribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis regresi linear berganda , diperoleh hasil uji t bahwa hanya variabel Beta yang signifikan berpengaruh negatif terhadap harga saham yaitu sebesar -2.226, yang artinya bahwa hanya variabel Beta yang berpengaruh secara parsial terhadap harga saham, sedangkan variabel independent lainnya tidak berpengaruh secara parsial. Hasil uji t untuk Beta diterima pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0.028, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sedangkan dari hasil uji F diperoleh hasil sebesar 1.711, ini berarti bahwa variabel-variabel independen secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap variabel dependen,hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan H1 ditolak. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh hanya variabel Beta ( Risiko Sistematik ) yang berpengaruh terhadap harga saham (signifikan pada taraf 5%). Sedangkan variabel ROA, ROE, DER, dan BV tidak berpengaruh terhadap harga saham (tidak signifikan pada taraf 5%). Hasil penelitian ini diperoleh nilai R2 square sebesar 0.083 yang artinya variasi harga saham dijelaskan oleh variabel independent sebesar 8.3% dan sisanya sebesar 91.7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil ini tidak sejalan dengan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya yang berkaitan dengan faktor – faktor yang mempengaruhi harga saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: risiko sistematik, faktor fundamenal, harga saham sektor keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:52
Last Modified: 04 Apr 2011 09:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11170

Actions (login required)

View Item View Item