Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)

Putro, Adhi Kusumo (2007) Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Di era globalisasi sekarangini, banyak sekali didirikan pusat-pusat bisnis yang dikemas dalam bentuk pasar-pasar modern. Hal tersebut berdampak pada kondisi pasar tradisional yang terancam kolaps dengan menjamurnya pasar modern di berbagai tempat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauhkah pengaruh strategi bauran pemasaran (marketing mix) dari pasar modern terhadap tingkat transaksi bisnis di pasar tradisional. Adapun kegunaan penelitian ini bagi pelaku usaha di pasar tradisional dapat digunakan sebagai acuan untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Berdasarkan pengolahan data menggunakan bantuankomputerprogram Eviews 3.1 versi student,hasil pengujian hipotesis dengan analisis multiple regression menunjukkan variabel yang secara signifikan mempengaruhi tingkat transaksi di pasar tradisional adalah variabel produk pasar modern (x1), strategi penetapan harga pasar modern (x2) dan lokasi pasar modern (x3), ditunjukkan dengan nilai thitung pada variabel produk pasar modern sebesar 4,201562, strategi penetapan harga pasar modern sebesar 5,319761 (mempunyai pengaruh paling dominan) dan lokasi pasar modern sebesar 2,992802 > ttabel 1,984 signifikan pada D = 5%, untuk variabel strategi promosi pasar modern tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat transaksi di pasar tradisional, ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 1,293494 < ttabel 1,984. Sebagaimana diketahui bahwa produk pasar modern, strategi penetapan harga, dan lokasi pasar modern merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat transaksi pasar tradisional, maka seyogyanya para pedagang di pasar Klewer memperhatikan faktor-faktor tersebut untuk agar tingkat transaksi pasar tradisional semakin baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:38
Last Modified: 04 Apr 2011 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11167

Actions (login required)

View Item View Item