ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI POSISI KEUANGAN DAN PERKEMBANGAN USAHA KOPERASI PADA KPRI “SETIA KAWAN” KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI

WAHYUNI , ENDANG TRI (2007) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGEVALUASI POSISI KEUANGAN DAN PERKEMBANGAN USAHA KOPERASI PADA KPRI “SETIA KAWAN” KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF
02_BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF
03_BAB_2_-_3.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF
04_BAB_4_-_5.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF
05_DAPUS.pdf

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF
06_LAMPIRAN.pdf

Download (156kB)

Abstract

Koperasi mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan anggota pada pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapai tujuan itu koperasi menyelenggarakan berbagai usaha yang bermanfaat dan menguntungkan bagi para anggotanya baik sebagai produsen maupun sebagai konsumen. Usaha yang dapat dilakukan koperasi yaitu harus memperhatikan perkembangan laporan keuangan yang ditunjukkan dengan posisi keuangan dan perkembangan usaha koperasi sehat atau tidak sehat. Keadaan posisi keuangan dan perkembangan usaha koperasi dapat dianalisis dengan menggunakan analisis ratio dan analisis perbandingan laporan keuangan. Analisis ratio yang digunakan adalah ratio liquiditas, ratio leverage, ratio aktivitas, serta ratio profitabilitas. Sedangkan analisis perbandingan laporan keuangan yang digunakan adalah perbandingan laporan SHU dan perbandingan laporan neraca. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan data perusahaan. Data perusahaan yang dimaksud adalah laporan keuangan yang berupa laporan SHU dan neraca. Penelitian dilakukan pada KPRI “Setia Kawan” Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi pada periode tahun 2003, 2004, dan 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan pada KPRI “Setia Kawan” kecamatan Padas dalam posisi keuangan dan perkembangan usaha yang cukup sehat, hal ini terbukti ratio liquiditas koperasi liquid, ratio leverage (solvabilitas) menunjukkan solvabel, ratio aktivitas menunjukkan efisien dan ratio profabilitas menunjukkan efisien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:27
Last Modified: 04 Apr 2011 09:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item