PENGARUH PEMBERIAN UPAH, JAMINAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PO. ROSALIA INDAH PALUR

Kurniawan , Dhani Arief (2007) PENGARUH PEMBERIAN UPAH, JAMINAN SOSIAL DAN MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PO. ROSALIA INDAH PALUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
BAB_IV&V_to_Dani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)

Abstract

Era globalisasi saat ini menuntut perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif, terutama kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Peranan sumber daya manusia dalam perusahaan sangatlah penting, karena penggerak utama seluruh kegiatan atau aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuannya untuk memperoleh keuntungan adalah manusia. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka diduga ada pengaruh yang signifikan antara upah, jaminan sosial, dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PO Rosalia Indah, dan diduga upah lebih kuat pengaruhnya terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan dibandingkan dengan jaminan sosial dan motivasi. Sampel yang dipakai 90 responden dan metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil regresi diperoleh rumus persamaan Y= -6,223 + 0,588 X1 + 0,412 X2 + 0,245 X3. Hasil uji ketepatan parameter penduga atau uji t didapat bahwa variabel upah diperoleh thitung sebesar 5,269, variabel jaminan sosial thitung sebesar 3,233, dan motivasi thitung sebesar 3,202 dengan ttabel sebesar 1,988 sehingga seluruh nilai thitung variabel > ttabel berarti H0 ditolak, maka upah, jaminan sosial, motivasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dimana nilai t hitung serta nilai beta (β) variabel upah paling tinggi dari variabel lainnya maka menjawab hipotesis kedua dimana diduga upah merupakan variabel yang paling dominan dari variabel lainnya dalam mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersama-sama, diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (63,386 > 2,76), maka variabel upah, jaminan sosial dan motivasi secara bersama-sama atau serentak berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja. Dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,689 ini menunjukkan bahwa variabel upah, jaminan sosial dan motivasi mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel produktivitas kerja sebesar 68,9%. Sedangkan sisanya sebesar 31,1% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak penulis teliti. Seperti variabel keamanan, kenyamanan, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upah, Jaminan Sosial, Motivasi dan Produktivitas Kerja karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2011 08:05
Last Modified: 31 Mar 2011 08:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11130

Actions (login required)

View Item View Item