ANALISIS PENGARUH INFORMASI PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2005

SAMPURNOWATI, WAHYU (2007) ANALISIS PENGARUH INFORMASI PENGUMUMAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP ABNORMAL RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA TAHUN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
Hal_Depan.pdf

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab 2-3)
Bab_2-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Hal 4-5)
Bab_4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengumuman laporan keuangan terhadap abnormal return saham pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) tahun 2005 dengan melihat reaksi pasar terhadap pengumuman laporan keuangan yang diukur dengan menggunakan abnormal return peerusahaan manufaktur. Populasi adalah jumlah dari keseluruhan obyek (satu satuan atau individu ) yang kahrakteristiknya hendak diduga. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2005. Sampel adalah sebagian dari populasi yang kharakteristiknya hendak diteliti dan dianggap bisa memiliki keseluruhan populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang mengumumkan laporan keuangan di Bursa Efek Jakarta tahun 2005. Untuk mengetahui pengaruh pengumuman laporan keuangan perusahaan manufaktur terhadap abnormal return, penulis menguji nilai abnormal return tersebut dengan menggunakan event study yang meliputi / dengan langkahlangkah menghitung return saham yang sesungguhnya terjadi, menghitung return pasar harian, menghitung abnormal return dengan market adjusted model, menghitung rata-rata abnormal return saham pada hari ke-t, mencari comulative average abnormal return, pengujian abnormal return dengan uji t ( dengan cara menghitung kesalahan standar estimasi dan menghitung nilai t, membuat hipotesis, melakukan pengujian uji t 2 sisi ). Berdasrkan perhitungan uji t ditemukan adanya abnormal return yang signifikan di sekitar pengumuman laporan keuangan pada saat t = +4. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pengujian menunjukkan adanya pengaruh informasi laporan keuangan terhadap abnormal return saham, hal ini di tunjukan dengan thitung (5.500) > ttabel (2,101). Kata kunci: informasi pengumuman laporan keuangan, abnormal return saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: informasi pengumuman laporan keuangan, abnormal return saham
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 30 Mar 2011 09:49
Last Modified: 30 Mar 2011 09:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item