ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DITINJAU DARI LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, RENTABILITAS PADA KONVEKSI SONY KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN

SULISTYANTO , HANIFAH AGUNG (2006) ANALISIS EFISIENSI PENGGUNAAN MODAL KERJA DITINJAU DARI LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, RENTABILITAS PADA KONVEKSI SONY KECAMATAN WEDI KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Modal Kerja Merupakan Sumber Kehidupan bagi perusahaan yang mempunyai hubungan erat dengan dana yang akan digunakan oleh suatu perusahaan dalam menjalankan kegiatannya, penggunaan modal kerja oleh suatu perusahaan dalam operasi sehari-hari dimaksudkan untuk meningkatkan omset penjualan hasil produksi dengan tujuan akhir untuk memperoleh laba yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan modal kerja pada PERUSAHAAN KONVEKSI SONY sudah mencapai efisiensi dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas. Teknik analisa yang digunakan adalah laporan keuangan dengan menggunakan alat analisa yang meliputi rasio likuiditas (current rasio, quick rasio, dan cash ratio), rasio solvabilitas dan rasio rentabilitas (rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal sendiri). Adapun laporan keuangan yang dianalisa adalah dari tahun 2001 sampai dengan tahun 2005. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian diketahui bahwa likuiditas perusahaan baik, dengan current ratio tertinggi 291,39% dan terendah 251,30% sedangkan quick ratio tertinggi 266,74% dan terendah 211,52% dan untuk cash ratio tertinggi 147,39% dan terendah 113,03%. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan dalam keadaan likuid dan mampu membayar hutang jangka pendek tepat pada waktunya. Dilihat dari rasio solvabilitas sudah baik, dengan solvabilitas tertinggi 352% dan terendah 315%. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mampu membayar hutang-hutangnya baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan aktiva yang dimiliki. Dilihat dari rasio rentabilitas cukup baik, dengan rentabilitas ekonomi tertinggi 13,30% dan terendah 8,87% sedangkan rentabilitas modal sendiri tertinggi 16,67% dan terendah 9,91%. Hal ini menunjukkan kemampuan perusahaan cukup tinggi dalam menghasilkan laba. Dari hasil analisa tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Perusahaan Konveksi Sony Klaten telah mencapai efesiensi sehingga dalam penggunaan modal kerja sudah maksimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2011 05:43
Last Modified: 30 Mar 2011 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11096

Actions (login required)

View Item View Item