ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)

ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL (2007) ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui bagaimana sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald;s, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap antara anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s dengan penelitian dilakukan di Mc Donald’s Singosaren Surakarta. Target populasi adalah anak-anak dan remaja yang melakukan pembelian di Mc Donald’s Singosaren Surakarta dan pernah menonoton iklan Mc Donald’s di TV, dengan sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling dengan alat analisis uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisisnya adalah sebagai berikut, yakni dari hasil analisis deskriptif respon afektif dan evaluasi kognitif dihasilkan rata-rata sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s adalah positif, yang berarti bahwa selama menyaksikan iklan Mc Donald’s anak-anak dan remaja mengalami perasaan dan penilaian yang mendukung iklan Mc Donald’s tersebut. Sedangkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov didapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s, yang artinya antara kedua kelompok tersebut memang terdapat perbedaan dalam reaksi dan penerimaan terhadap suatu pesan komunikasi. Berdasarkan temuan tersebut, maka disarankan bagi perusahaan untuk selalu merancang dan mengembangkan strategi periklanannya dengan lebih kreatif dan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk iklan-iklan yang ditujukan pada anak-anak dan remaja. Selanjutnya hasil penelitian ini sekiranya yang tidak sesuai dengan keinginan pengiklan dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan penelitian di masa mendatang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan sikap, iklan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2011 03:30
Last Modified: 30 Mar 2011 03:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item