PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KARYAWAN SENTRA INDUSTRI KECIL FURNITURE ROTAN DI TRANGSAN SUKOHARJO

Supriyanto, Aris (2007) PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN KEPRIBADIAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA KARYAWAN SENTRA INDUSTRI KECIL FURNITURE ROTAN DI TRANGSAN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
01_Halaman_Depan.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
02_Bab_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab 2-3)
02_Bab_II_-_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab 4-5)
03_Bab_IV_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
05_ANGKET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja pada karyawan sentra industri kecil furniture rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh variabel kepribadian sebagai pemoderasi dari motivasi kerja terhadap prestasi kerja pada karyawan sentra industri kecil furniture rotan Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Sampel penelitian ini diambil sejumlah 115 karyawan yang bekerja pada sentra industri kescil furniture rotan di Desa Trangsan kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini lebih dari 500 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampel adalah pengambilan sampel yang anggotanya ditentukan berdasarkan ukuran yang sebanding dengan jumlah karyawan tiap industri kecil dan diambil secara acak. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, memberikan angket dan metode studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana dan hierarchical regression. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) motivasi kerja berpengaruh secara positif terhadap prestasi kerja. Angka koefisien regresi sebesar 0,385 dan nilai signifikansi sebesar 0,017. Dengan demikian motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja ; (2) Kepribadian mempunyai efek moderasi terhadap intensitas pengaruh antara motivasi kerja terhadap prestasi kerja. Angka koefisien regresi interaksi variabel motivasi kerja dan kepribadian adalah 0,017 dengan tingkat signifikansi 0,000. Hal ini berarti pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja dimoderasi oleh kepribadian. Kata Kunci : Motivasi kerja, kepribadian, prestasi kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi kerja, kepribadian, prestasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Mar 2011 10:23
Last Modified: 29 Mar 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item