ANALISIS CASH RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, DAN LOAN TO ASSET RATIO UNTUK MENGUKUR TINGKAT LIKUIDITAS BANK BUMN YANG TELAH GO PUBLIC (Studi Empiris Pada Bank BUMN Yang Go public)

HERAWATI, SOVI (2007) ANALISIS CASH RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, DAN LOAN TO ASSET RATIO UNTUK MENGUKUR TINGKAT LIKUIDITAS BANK BUMN YANG TELAH GO PUBLIC (Studi Empiris Pada Bank BUMN Yang Go public). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
a)_Cover.pdf

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Bab1 + Daf Pustaka)
bab1.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
b)_BAB_I_-_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang sangat penting dalam masyarakat. Karena bank merupakan badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan, dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Likuiditas pada bank adalah kemampuan Bank untuk dapat memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Jangka pendek bank berupa giro, tabungan dan simpanan berjangka. Bank dikatakan likuid bila bank mampu untuk membayar simpanan-simpanan tersebut pada saat ditarik. Dalam kesehatan bank yang dihitung dengan metode CAMEL. Likuiditas bank menggunakan tiga perhitungan yaitu cash ratio, loan to deposit ratio dan loan to aset ratio. Cash Ratio adalah kemampuan bank dalam membayar kembali simpanan nasabah pada saat ditarik dengan menggunakan alat likuid yang dimiliki. Alat likuid bank meliputi kas dan penempatan pada BI yang berupa giro pada BI, sertifikat pada BI dan lainnya yang ada pada BI. Semakin tinggi tingkat cash rationya maka akan semakin baik tingkat likuiditasnya, sebab uang nasabah akan lebih terjamin. Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah kemampuan bank membayar kembali penarikan dana yang dilakukan oleh deposan dengan mengandalkan kredit yang diberikan. Semakin tinggi tingkat LDRnya maka akan semakin baik tingkat likuiditasnya, sebab uang nasabah akan lebih terjamin. Loan to Asset Ratio (LAR) adalah kemampuan bank dalam mengetahui jumlah kredit yang disalurkan dengan jumlah harta yang dimiliki bank sebagai sumber likuiditasnya. Semakin tinggi ratio yang dimiliki maka akan semakin rendah tingkat likuiditasnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Cash Ratio, Loan to Deposit Ratio dan Loan to Asset Ratio
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 11 May 2011 04:33
Last Modified: 11 May 2011 04:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item