PENGGUNAAN METODE JUST IN TIME DALAM PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENDORONG EFISIENSI BIAYA DAN MENINGKATKAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP DAMAI DI PURWOKERTO

LAKSONO, TRI ADI (2006) PENGGUNAAN METODE JUST IN TIME DALAM PENGELOLAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK MENDORONG EFISIENSI BIAYA DAN MENINGKATKAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP DAMAI DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pemakaian metode Just in time didalam pengelolaan persediaan terhadap efisiensi biaya-biaya dan peningkatan laba perusahaan. dan (2) Membantu manajemen untuk menetapkan strategi yang paling tepat didalam menciptakan produk berdaya saing tinggi, sehingga perusahaan mampu bertahan dan bersaing pada pasar persaingan global. pada Perusahan Kecap Damai di Purwokerto. Penelitian merupakan deskriptif dengan uji hipotesis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari suatu pendapat atau untuk meneliti hubungan antar variabel dengan melalui uji hipotesis. Penelitian ini dilakukan pada Perusahan Kecap Damai di Purwokerto. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data sekunder yaitu data yang berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang peneliti gunakan adalah Analisis Kualitatif, yaitu analisis dengan cara menjelaskan permasalahan tanpa menggunakan perhitungan statistik, namun dapat menjawab hipotesis yang diajukan. Dalam hal ini peneliti menggunakan perbandingan penghitungan metode persediaan dengan metode MRP dengan berbagai pilihan model penghitungan yang ada. Kesimpulan utama penelitian ini adalah: (1) metode MRP pada hakekatnya adalah menjamin tersedianya material, item atau komponen pada saat dibutuhkan untuk memenuhi skedul produksi, (2). penelitian ini menunjukkan metode MRP dengan metode penghitungan EOQ menghasilkan biaya persediaan paling rendah, dengan demikian metode ini yang paling baik diterapkan pada perusahaan kecap cap "Damai" Purwokerto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Material Requirement Planning (MRP), Metode Just in Time (JIT)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 04:06
Last Modified: 29 Mar 2011 04:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item View Item