PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN

PURWOKO, DHANU AJI (2007) PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan, Bab 1, Daf Pustaka)
Bab_1.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
Skripsi_Dhanu_Aji_Purwoko_B100030158_UMS_2007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada penghasilan usaha kecil dilihat dari manajemen usaha yang meliputi promosi, penetapan harega dan penetapan lokasi pedagang dalam bidang penjualan kebutuhan sehari-hari menjadi objek yang menarik dimana usaha kecil menjadi alternatif pilihan banyak pihak yang ingin membuka lapangan kerja sendiri. Agar dapat berhasil dalam bidang berdagang dan berpenghasilan besar pedagang eceran harus berhati-hati dalam menentukan target pasar dan mencoba memahami keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) sejauh mana promosi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (2) sejauh mana penetapan harga berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (3) sejauh mana penetapan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (4) sejauh mana promosi, harga dan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kelontong di Kecamatan Jatinom Klaten. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijadikan sampel sejumlah 75 responden. Metode pengumpulan data dengan quesioner. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T-test dan Uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) variabel promosi (X1) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 2,175 > ttabel 1,993), (2) variabel harga (X2) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 3,450 > ttabel 1,993) dan (3) variabel lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 7,263 > ttabel 1,993). Variabel promosi (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap variabel penghasilan usaha (Y). hal ini ditunjukan hasil Fhitung lebih besar Ftabel (23,067 > 2,74 ). Koefisien determinasi R2 sebesar 0,850 yang berarti variasi perubahan penghasilan usaha dapat dijelaskan variabel promosi,harga dan lokasi sebesar 85%. Sedangkan sisanya 15% di jelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi misalnya suasana tempat penjualan, pelayanan, kualitas barang yang dijual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penghasilan usaha, promosi, harga dan lokasi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 28 Mar 2011 10:09
Last Modified: 28 Mar 2011 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11056

Actions (login required)

View Item View Item