PENGARUH MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA CV. SIDO LUHUR

TRIYANINGSIH, EKA (2007) PENGARUH MOTIVASI DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA CV. SIDO LUHUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.PDF

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF
banb_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB)

Abstract

Semakin kerasnya kompetisi bisnis dewasa ini, memaksa perusahaanperusahaan untuk memperdayakan dan mengoptimalkan segenap sumber daya yang mereka miliki guna mempertahankan kelangsungan hidup mereka. Kebutuhan dan harapan mendorong manusia melaksanakan tugas dengan kesungguhan, semangat, dan mencurahkan segenap kemampuannya. bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan yang akan diteliti sebagai berikut: Apakah ada pengaruh motivasi keberadaan, motivasi afiliasi, motivasi kekuasaan, motivasi berprestasi dan kepribadian secara bersama-sama terhadap prestasi kerja, Apakah ada pengaruh motivasi keberadaan, motivasi afiliasi, motivasi kekuasaan, motivasi berprestasi dan kepribadian secara parsial terhadap prestasi kerja, Variabel mana yang lebih dominan berpengaruh terhadap prestasi kerja. Sampel yang dipakai 50 responden dan metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil regresi diperoleh rumus persamaan Y = 4,309 + 0,331 X1+ 0,265 X2 + 0,213 X3+0,224 X4+0.07121 X5 dan hasil uji t untuk variabel Motivasi Keberadaan diperoleh thitung sebesar 2,477, serta probabilitas 0,017, Variabel Motivasi Afiliasi diperoleh thitung sebesar 2,971 serta probabilitas 0,005, Variabel Motivasi Kekuasaan diperoleh thitung sebesar 2,304 serta probabilitas 0,026, Variabel Motivasi berprestasi diperoleh thitung sebesar 2,153 serta probabilitas 0,037, yang berarti semua H0 variabel diatas ditolak, maka Motivasi Keberadaan, Afiliasi, Kekuasaan, berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja. Sedangkan untuk Variabel Kepribadian dengan koefisien regresi 0,07121 diperoleh thitung sebesar 2,206 dengan ttabel sebesar 2,014 sehingga thitung > ttabel serta nilai probabilitas sebesar 0,033 < 0,05 berarti H0 ditolak, maka Kepribadian berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja. Kepribadian Ekstrovert berpengaruh lebih besar terhadap Prestasi Kerja. Hasil uji F dimana diperoleh Fhitung sebesar 41,057 dan Ftabel sebesar 2,34 sehingga Fhitung > Ftabel berarti H0 ditolak, maka variabel Motivasi (keberadaan, afiliasi, kekuasaan, dan berperestasi), dan Kepribadian secara serentak berpengaruh terhadap Prestasi Kerja. Dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,823 ini menunjukkan bahwa variabel Motivasi (keberadaan, afiliasi, kekuasaan, dan berprestasi), dan Kepribadian mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel Prestasi Kerja sebesar 82,3%. Sedangkan sisanya sebesar 17,7% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak terdapat di dalam model atau tidak penulis teliti, variabel-variabel tersebut misalnya variabel pendidikan, disiplin, faktor individu, pendidikan formal, upah, dan lain-lain. Motivasi Keberadaan memiliki nilai Beta (β) paling besar yaitu sebesar 0,296 dengan demikian motivasi keberadaan mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap Prestasi Kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Keberadaan, Motivasi Afiliasi, Motivasi Kekuasaan, Motivasi Berprestasi dan Kepribadian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 28 Mar 2011 10:01
Last Modified: 28 Mar 2011 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11055

Actions (login required)

View Item View Item