KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PERUSAHAAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN KLATEN

YUNITA, VITRI (2007) KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PERUSAHAAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_COVER_dan_lain-lain.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
05_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
bab1.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
bab_k.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)

Abstract

Kemajuan perekonomian suatu negara dapat ditandai dengan tingkat kemajuan pasar modal di negara tersebut karena pasar modal memiliki peran sentral bagi perekonomian. Sejak memasuki tahun 1990-an, pasar modal di Indonesia berkembang dengan baik. Untuk mengimbangi pesatnya perkembagan pasar modal maka dibutuhkan analisis perdagangan sekuritas guna membantu para investor dalam mengambil keputusan investasi. PT. PLN (Persero) APJ Klaten yang berlokasi di Kabupaten Klaten merupakan suatu instansi pemerintah atau badan usaha yang bergerak di bidang penyediaan listrik yang melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi, pembangunan nasional serta meningkatkan taraf hidup pada masyarakat yang adil dan makmur secara material dan spiritual pada umumnya dan meningkatkan taraf hidup orang banyak. Kinerja PLN (Persero) APJ Klaten dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal yang berkaitan dengan manajemen fungsional perusahaan meliputi: menajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasional dan sistem informasi manajemen. Kemudian faktor eksternalnya meliputi: aspek ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan dan sosial budaya. Penyediaan ukuran laba sebagai indikator kinerja perusahaan merupakan fokus utama dari pelaporan keuangan modern. Pada penelitian ini penulis akan membahas mengenai “KEMAMPUAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI PERUBAHAN LABA PERUSAHAAN PADA PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN KLATEN”. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kemampuan rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba perusahaan pada PT. PLN (Persero) APJ Klaten dan untuk mengetahui kondisi keuangan PT. PLN Persero APJ Klaten dari tingkat laba yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan metode LPM. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh rasio-rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan. Hasil analisis data diperoleh R2 sebesar sebesar 0,999%, yang berarti 99,9% lima variabel bebas yang dimasukkan dapat menjelaskan variabel terikat yaitu perubahan laba, sedangkan 0,1% dijelaskan oleh variabel di luar model. Dengan demikian penggunaan rasio-rasio keuangan dalam mempengaruhi perubahan laba perusahaan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Klaten sudah tepat. Pengujian t statistik diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan antara rasio-rasio keuangan (CR, DTE, ROI, dan ROR) terhadap perubahan laba karena nilai probabilitas < 0,05 sedangkan TATO tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba karena nilai probabilitas > 0,05. Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersama-sama diperoleh nilai nilai Fhitung 343,393 dengan nilai probabilitas 0,041 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama rasiorasio keuangan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CR, DTE, TATO, ROI, ROR, Perubahan Laba
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 28 Mar 2011 09:24
Last Modified: 28 Mar 2011 09:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11052

Actions (login required)

View Item View Item