ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEBAGAI PENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA CV PERMATA TUJUH DI WONOGIRI

Wibowo, Wahyu Aji (2007) ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU SEBAGAI PENUNJANG KELANCARAN PROSES PRODUKSI PADA CV PERMATA TUJUH DI WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisien tidaknya perusahaan dalam melakukan pengadaan bahan baku. Penelitian ini dilakukan di CV. Permata 7 di Wonogiri. Hipotesa yang dipilih dalam penulisan ini adalah diduga CV. Permata 7 di Wonogiri telah melaksanakan pengendalian persediaan bahan baku secara efisien. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Material Requirement Planning (MRP) dilakukan dengan manual. Sistem Material Requirement Planning (MRP) dikembangkan untuk membantu perusahaan manufaktur untuk mengatasi kebutuhan akan item-item bebas secara lebih baik dan efisien. Sistem Material Requirement Planning (MRP) didesain untuk melepaskan pesanan-pesanan dalam produksi dan pembelian untuk mengatur aliran bahan baku dan persediaan dalam proses sehingga sesuai dengan jadwal produksi untuk produk akhir. Tujuan sistem MRP adalah (1) menjamin tersedianya material, item atau komponen pada saat dibutuhkan untuk memenuhi skedul produksi, dan menjamin tersedianya produk jadi bagi konsumen, (2) menjaga tingkat persediaan pada kondisi minimum, dan (3) merencanakan aktivitas pengiriman, penjadwalan dan aktivitas pembelian. Hasil yang diperoleh dari analisis dan pembahasan penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian bahan baku di perusahaan mebel Permata 7 Wonogiri tidak dilakukan dengan baik atau belum efisien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan bahan baku dan MRP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 08:05
Last Modified: 28 Mar 2011 08:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11046

Actions (login required)

View Item View Item