MEMINIMALKAN FOBIA SISWA DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI TEKNIK GURU MENGAJAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 4 Polokarto)

Bekti, Sri Anugrah (2007) MEMINIMALKAN FOBIA SISWA DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI OPTIMALISASI TEKNIK GURU MENGAJAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 4 Polokarto). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cvr.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapustakaaa.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini bertujuan (1) meminimalkan fobia siswa terhadap matematika sampai 25% melalui optimalisasi teknik guru mengajar, (2) meningkatkan prestasi belajar siswa sampai daya serap kelas 75% melalui optimalisasi teknik guru mengajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas VIIIA semester genap tahun 2005/ 2006 SMP N 4 Polokarto yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini pertama, adanya penurunan fobia siswa yang meliputi penurunan ketakutan bertanya, mendapat tugas, maju mengerjakan soal ke depan kelas, dan penurunan ketakutan mengeluarkan ide sampai 25% serta peningkatan keaktifan dan kreativitas belajar matematika siswa sampai 75% melalui optimalisasi teknik guru mengajar. Ketakutan bertanya menurun, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 57,5%, pada putaran I 47,5%, putaran II 40%, putaran III 32,5% dan pada putaran IV 22,5%. Ketakutan mendapat tugas menurun, yaitu sebelum adanya penelitian tindakan 37,5%, pada putaran I 32,5%, putaran II 30%, putaran III 27,5% dan pada putaran IV 20%. Ketakutan maju mengerjakan soal ke depan kelas menurun, yaitu sebelum penelitian tindakan 42,5%, pada putaran I 37,5%, putaran II 35%, putaran III 30% dan pada putaran IV 22,5%. Ketakutan mengeluarkan ide menurun, yaitu sebelum penelitian tindakan 47,5%, pada putaran I 42,5%, putaran II 35%, putaran III 32,5% dan pada putaran IV 25%. Keaktifan siswa meningkat, yaitu sebelum penelitian tindakan 32,5%, pada putaran I 40%, putaran II 50%, putaran III 62,5% dan pada putaran IV 77,5%. Kreativitas belajar siswa meningkat, yaitu sebelum penelitian tindakan 27,5%, pada putaran I 37,5%, putaran II 47,5%, putaran III 52,5% dan pada putaran IV 75%. Kedua, adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa sampai daya serap kelas 75% melalui optimalisasi teknik guru mengajar yaitu sebelum adanya penelitian tindakan, siswa yang memperoleh nilai • 75 sebanyak 30%, pada putaran I sebanyak 35%, putaran II sebanyak 50%, putaran III sebanyak 60% dan pada putaran IV sebanyak 77,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fobia, Optimalisasi, Teknik, Prestasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2011 06:07
Last Modified: 19 Nov 2019 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item