PENGARUH MARKET ORIENTATION TERHADAP SERVICE QUALITY (Pada Toserba di Wilayah Surakarta)

Martini, Dwi (2007) PENGARUH MARKET ORIENTATION TERHADAP SERVICE QUALITY (Pada Toserba di Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab 5)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab 4)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)

Abstract

Kebijakan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan pelanggan adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Khususnya pelayanan yang berorientasi kepada pasar khususnya konsumen, pesaing, dan koordinasi antar fungsi dalam perusahaan, (customer orientation, competitor orientation, dan inter-function coordination). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh customer orientation, competitor orientation, dan inter-function coordination terhadap service quality; (2) Faktor customer orientation, competitor orientation, dan inter-function coordination yang berpengaruh dominan terhadap service quality. Penelitian dilaksanakan di kota Surakarta. Sumber data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh toko serba ada (toserba) yang berada kota Surakarta. Sampel yang diambil adalah 30 toserba di kota Surakarta yang diambil dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Market orientation berupa customer orientation, competitor orientation, dan inter-function coordination secara bersama-sama berpengaruh terhadap service quality pada toserba di Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (23,616 > 2,99) pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa kebijakan pemasaran yang semakin orientasi pasar kepada pelanggan, pesaing dan koordinasi antar fungsi dalam perusahaan, maka cenderung akan meningkatkan kualitas pelayanan. (2) Customer orientation merupakan variabel yang memberikan pengaruh dominan terhadap service quality. Hal ini dapat dilihat dari koefisien beta untuk variabel customer orientation (0,429) lebih besar dari koefisien beta variabel lainnya competitor orientation (0,247) dan inter-function coordination (0,388). Hal ini menunjukkan bahwa jika kebijakan pelayanan semakin berorientasi kepada konsumen, maka dapat dipastikan adanya peningkatan kualitas pelayanan. Kata kunci: Market orientation, customer orientation, competitor orientation, dan inter-function coordination, service quality

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Market orientation, customer orientation, competitor orientation, inter-function coordination, service quality
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 25 Mar 2011 09:10
Last Modified: 25 Mar 2011 09:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11024

Actions (login required)

View Item View Item