ANALISIS KESALAHAN BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF MATA KULIAH GEOMETRI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006

NASRUROTUN, TITIK (2007) ANALISIS KESALAHAN BELAJAR PADA ASPEK KOGNITIF MATA KULIAH GEOMETRI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
dpn.pdf

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persentase kesalahan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal Geometri 1 ditinjau dari kesalahan memahami konsep, penalaran dan komunikasi, serta pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Geometri I, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah mahasiswa yang ditentukan secara random atau acak. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan metode bantunya adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis menunjukkan adanya tipe-tipe kesalahan yaitu (1) persentase kesalahan memahami konsep sebesar 39,44% (tergolong rendah), pada umumnya mahasiswa kurang memahami konsep yang ada dalam Geometri 1, (2) persentase kesalahan penalaran dan komunikasi sebesar 58,06% (tergolong cukup) pada umumnya disebabkan kurang tepatnya mahasiswa dalam menggunakan rumus dalam Geometri 1, (3) persentase kesalahan pemecahan masalah sebesar 66,39% (tergolong tinggi), pada umumnya disebabkan mahasiswa kurang cermat dan teliti dalam menggambar maupun dalam melakukan perhitungan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbesar pada aspek pemecahan masalah, sehingga mahasiswa perlu memperbanyak latihan soal agar mahasiswa terbiasa dalam menggambar maupun melakukan perhitungannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, konsep, penalaran dan komunikasi, pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 05:21
Last Modified: 25 Mar 2011 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item