PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BATANG BROTOWALI (Tinospora crispa) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA

K H A E R I Y A H , K H A E R I Y A H (2007) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BATANG BROTOWALI (Tinospora crispa) TERHADAP JUMLAH NYAMUK Aedes aegypti YANG HINGGAP PADA TANGAN MANUSIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cvr.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampirannnnnnnnnnnnnnnnnnnnn.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)

Abstract

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini sangat berbahaya karena menyebar terutama di musim hujan dan belum ditemukan obatnya. Selama ini usaha yang dilakukan hanyalah memutus tali penularan dan melakukan pencegahan, di antaranya dengan mengunakan repellent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsentrasi ekstrak batang brotowali (Tinospora crispa) terhadap jumlah nyamuk Aedes aegypti yang hinggap pada tangan manusia dan mengetahui konsentrasi yang efektif untuk menurunkan jumlah nyamuk yang hinggap pada tangan manusia. Dalam penelitian digunakan nyamuk Aedes aegypti betina, dan steril dari virus dengue sebanyak 20 ekor tiap perlakuan. Penelitian dilakukan dengan memasukkan tangan yang telah diolesi dan tidak diolesi dengan bahan uji ekstrak batang brotowali. Perlakuan pertama (P1) sebagai kontrol positif atau tanpa dioleh bahan uji, perlakukan P2, P3, P4, P5 dan P6 masing-masing diolesi dengan ekstrak batang brotowali dengan konsentrasi 10%, 20%, 30%, 40%, 50%. Dihitung jumlah nyamuk yang hinggap pada tangan manusia tiap 10 menit, dengan 5 kali ulangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anava 1 jalur. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nyamuk yang hinggap P1 (20), P2 (13), P3 (7), P5 (1), P6 (0). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak batang brotowali sebanyak 50% merupakan perlakuan yang paling efektif untuk menurunkan jumlah nyamuk Aedes aegypti yang hinggap pada tangan manusia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekstrak batang brotowali (Tinospora crispa), Nyamuk Aedes aegypti
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2011 04:50
Last Modified: 25 Mar 2011 04:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item