PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007

Fitriana , Yuli (2007) PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL BERBASIS PORTOFOLIO DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I TANON TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II &III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV&V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
Lampiran.pdf

Download (852kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan metode ceramah. Serta untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon Tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester II SMP N I Tanon tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII E. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C dengan jumlah siswa masingmasing kelas sebanyak 40 siswa. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio dengan metode ceramah pada siswa kelas VIII SMP N 1 Tanon dengan nilai rata-rata pada model pembelajarn berbasis portofolio sebesar 72,1, sedangkan metode ceramah sebesar 61,6, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran portofolio meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Portofolio, Ceramah dan hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 10:23
Last Modified: 24 Mar 2011 10:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item