PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005

Pusinarsih, Pusinarsih (2006) PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1_018.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab I-III)
BAB__I_II_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV-V)
BAB_IV_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya yang diperlukan atau diperoleh sehingga menjadi informasi biaya yang relevan yang dapat membantu manajmen mengambil keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, serta untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah diterima sehingga dapat diterapkan pada kasus di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu metode untuk menganalisa apakah penggunaan informasi akuntansi differensial dapat digunakan untuk pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada CV. Sahabat di Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan rugi/laba, dan tidak ada sampel karena jumlah populasinya memungkinkan untuk diteliti. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menggolongkan biaya ke dalam kelompok biaya produksi dan non produksi, (2) memisahkan elemen biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan elemen biaya variabel dengan menggunakan metode least square dan (3) mengevaluasi data. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan biaya differensial untuk pengambilan keputusan sangat penting karena dengan informasi biaya differensial tersebut perusahaan dapat mengetahui besarnya pengorbanan sumber ekonomi yang akan dikeluarkan maupun keuntungan yang akan diperoleh yang benar-benar berkaitan dengan masalah yang dihadapi, (2) Harga pokok variabel costing merupakan salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus dan (3) Hasil perhitungan diperoleh HPP variabel costing (Rp 0,0478) lebih tinggi daripada total biaya variabel (Rp 0,0297) sehingga secara statistik sebaiknya CV. Sahabat menerima pesanan khusus tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: informasi akuntansi differensial, pengambilan keputusan, pesanan khusus, CV. sahabat
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 09:32
Last Modified: 06 Mar 2012 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item