ISOLASI ACTINOMYCETES DARI PASIR PANTAI KRAKAL YANG BERPOTENSI SEBAGAI PENGHASIL ANTIBIOTIK

DEWI, FITRIANA (2007) ISOLASI ACTINOMYCETES DARI PASIR PANTAI KRAKAL YANG BERPOTENSI SEBAGAI PENGHASIL ANTIBIOTIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat Actinomycetes pasir Pantai Krakal yang berpotensi sebagai penghasil antibiotik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen untuk uji antibiotik menggunakan Rancangan Acak Lengkap 2 faktor yaitu lama inkubasi (2, 4, dan 6 hari sebanyak 3 kali ulangan) dan jenis bakteri uji (E. coli dan S. aureus). Pengambilan sampel pasir dengan metode komposit, dan pengambilan isolat menggunakan metode Purposive Random Sampling yaitu mengisolasi koloni berdasarkan ciri-ciri morfologi Actinomycetes. Inokulasi organisme uji dengan cara taburan dan uji antibiotik dengan metode sumuran. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya 7 isolat yang berpotensi antibiotik dengan lama inkubasi paling baik 4 hari. Isolat yang berpotensi kuat terhadap E. coli adalah Kr1 dan Kr6 dengan diameter 10-17 mm pada inkubasi 4 hari. Sedangkan yang berpotensi sedang adalah Kr2, Kr3, Kr4, Kr5, dan Kr7 dengan diameter 8-10 mm pada inkubasi 4 dan 6 hari. Pada bakteri uji S. aureus semua isolat berpotensi kuat pada inkubasi 4 hari, sedangkan pada inkubasi 6 hari berpotensi sedang dan iradikal. Pada inkubasi 2 hari hanya isolat Kr3 yang menghasilkan zona hambat dengan potensi sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: isolat, actinomycetes, pasir pantai krakal, antibiotik, rare actinomycetes, E. coli dan S. aureus, inkubasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 08:16
Last Modified: 24 Mar 2011 08:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10981

Actions (login required)

View Item View Item