PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I TANON SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007

SAYUTI , PENI (2007) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I TANON SRAGEN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
A_Cover+Hal_depan.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B_BAB_1.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
B_BAB_II_dan_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
C_BAB_IV+V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
D_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
E_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pembelajaran aktif merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar yang optimal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pembelajaran aktif team quiz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID di SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun ajaran 2006/2007. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanon. Sampel yang digunakan adalah VIIID diambil menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri-ciri siswa kurang memperhatikan dalam pembelajaran, ramai saat pembelajaran, banyak siswa yang pasif, hasil belajar biologi yang rendah. Strategi pembelajaran aktif yang digunakan adalah team quiz. Data hasil belajar biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisi data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penilaian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,6 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,16 dan siklus III meningkat menjadi 7,98. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan team quiz pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Team Quiz meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Tanon Sragen tahun 2006/2007 sebesar 0,33 point atau 33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran aktif team quiz, hasil belajar biologi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 08:06
Last Modified: 24 Mar 2011 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10979

Actions (login required)

View Item View Item