EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007

NURLENA, NURLENA (2007) EFEKTIFITAS ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGER I2 WIRADESA PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (231kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II dan III)
Bab_2_dan_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV dan V)
Bab_4_dan_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (27kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas roleplaying dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007.Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif selama proses pembelajaran. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007 sebanyak 5 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VIII C.Sampel penelitian menggunakan tehnik purposive sampling yaitu pengambilan sampel yang didasarkan atas ciri-ciri yaitu siswa kurang termotivasi untuk belajar, banyak siswa yang pasif dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa rendah.. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III data dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan rata-rata hasil belajar sebesar 5,17 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 5,95,rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,20 dan rata-rata pada siklus III meningkat menjadi 7,50 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode roleplaying berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,43 point. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode roleplaying dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,43 point atau 43%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: roleplaying, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 05:01
Last Modified: 24 Mar 2011 05:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item